Gaya Hidup

Di Gresik Ada Trotoar Mirip Malioboro Yogyakarta

Trotoar di kawasan Kauman Sidayu, Gresik disulap mirip seperti kawasan Malioboro Yogyakarta

Gresik (beritajatim.com) – Warga Gresik yang kangen dengan suasana kawasan Malioboro Yogyakarta kini tak perlu jauh-jauh pergi. Pasalnya, di kawasan Desa Kauman, Kecamatan Sidayu disulap menjadi wisata baru mirip kawasan Malioboro.

Trotoar yang berdekatan dengan kawasan Masjid Kanjeng Sepuh Sidayu itu oleh warga setempat diberi variasi. Diberi desain lampu warna-warni. Trotoar yang luas juga dipasang beberapa kursi yang membuat pengunjung bisa berlama-lama menghabiskan waktu sambil mencicipi hidangan kuliner pedagang kaki lima (PKL).

Nuansa yang berbeda itu, membuat warga ramai berdatangan. Bahkan, warga memanfaatkan kawasan itu buat foto selfie.

Banyaknya pengunjung yang datang, dimanfaatkan pedagang sekitar berjualan makanan khas pesisir Gresik seperti bonggolan, bongko kopyor, aneka camilan dan lain.

Yanti Zulaikah salah satu pengunjung menuturkan, dirinya baru dari instagram. Bahwa ada kawasan mirip Malioboro di Desa Kauman, Kecamatan Sidayu.

“Penataannya sangat bagus dan mirip seperti di Malioboro Yogyakarta. Kalau bisa dipertahankan terus,” ujarnya.

Kepala Desa Kauman, Muhammad Fatih mengatakan, butuh waktu untuk mengubah kawasan yang dulunya berdiri adalah pertokoan. Kemudian diubah mirip dengan kawasan Malioboro.

“Gratis, disini menjadi ikon desa. Untuk wisatawan lokal tidak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta lagi,” katanya.

Masih menurut Muhammad Fatih, pihaknya juga memberikan fasilitas angklung dari seniman Gresik di trotoar tersebut. Sehingga membuat suasana semakin ramai. Dengan adanya ikon ini, omset para pedagang mengaku semakin laris karena banyaknya wisatawan.

“Setiap akhir pekan atau malam minggu ada musik angklung. Omset pedagang meningkat hampir diatas 80 persen. Biasanya sore belum habis sekarang sore sudah habis,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar