Gaya Hidup

Dekesda Hari Ini Adakan Diskusi Kritik Sastra

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dewan Kesenian Sidoarjo (Dekesda) bekerja sama dengan Bait Kata Library dan Yayasan Pusat Amal Kebajikan hari ini, Selasa (27 April 2021) menggelar diskusi bertema ‘Membangun Tradisi Kritik Sastra’. Narasumber diskusi adalah kritikus sastra Mashuri dengan dipandu moderator sastrawan senior Rafif Amir.

Selain diskusi, digelar pula pembacaan 5 penyair muda. Terdiri dari Adam Rizkita, Bayu Putih, Niswa Hikmah, Saddam Achmad, Innamul Hasan. Keempatnya adalah pemenang sayembara penulisan puisi ‘5 Penyair Muda Terbaik Sidoarjo’tahun 2021.

Usai diskusi, sembari ngaburit, kegiatan diisi dengan pembacaan puisi secara bebas oleh para sastrawan Sidoarjo. Kegiatan ditutup dengan acara buka puasa bersama.

Anggota Komite Sastra Dekesda Rizka Amalia menuturkan, salah satu problem sastra di Sidoarjo adalah belum terbangunnya tradisi kritik sastra. “Jumlah sastrawan di Sidoarjo sangat banyak. Mungkin lebih dari seratus sastrawan. Sedangkan jumlah kritikus sastra sangat sedikit,” kata sastrawan yang karyanya telah banyak dimuat di media massa nasional ini.

Sedikitnya kritikus sastra mengakibatkan karya-karya sastrawan Sidoarjo kurang terapresiasi. “Karya ditulis, dimuat, atau diterbitkan, setelah itu selesai. Apresiasi terhadap karya sastra sangat kurang. Lewat begitu saja,” kata Amel, sapaan akrabnya.

Menyikapi problem tersebut, kata Amel, Komite Sastra Dekesda menyelenggarakan diskusi dengan tujuan membangun tradisi kritik sastra di Sidoarjo. “Narasumbernya adalah Mashuri. Dia sastrawan handal. Puisi dan cerpen bagus. Novelnya pernah memenangi sayembara di Dewan Kesenian Jakarta. Kritik sastranya juga beberapa kali juara nasional. Kita berharap Mashuri menularkan tradisi kritik sastra yang telah dia bangun. Sekaligus berbagi tips penulisan kritik sastra,” kata Amel.

Acara dikusi dan buka puasa bersama bakal diselenggarakan hari ini, Selasa (27 April 2021) di hall Dekesda Art Center, Jl Erlangga No 67 Sidoarjo, pukul 14.00 – 18.00 WIB. Ditambahkan oleh Amel, acara diskusi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Pelatihan Kritik Sastra yang digelar Komite Sastra Dekesda tanggal 24 – 25 April 2021. Pelatihan diampu oleh Ketua Komite Sastra Ribut Wijoto. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar