Gaya Hidup

Dekesda Gelar Sayembara Penulisan Puisi ‘5 Penyair Muda Terbaik Sidoarjo’ Tahun 2021

Sidoarjo (beritajatim.com) – Komite Sastra Dewan Kesenian Sidoarjo (Dekesda) mengawali tahun 2021 dengan menggelar Sayembara Penulisan Puisi ‘5 Penyair Muda Terbaik Sidoarjo’. Sayembara dalam rangka peringatan HUT ke-26 Dekesda, 21 Februari 2021.

Rafif Amir, salah satu panitia, menuturkan bahwa sayembara dimaksudkan untuk menggairahkan kondisi kesusastraan di Sidoarjo. “Sayembara juga dimaksudkan untuk merangsang proses kreatif penciptaan puisi di kalangan penyair muda,” kata Rafif Amir, Rabu (30/12/2020).

Aktivis Forum Lingkar Pena (FLP) Jatim itu lantas memaparkan beberapa ketentuan dan persyaratan bagi peserta sayembara. Di antaranya (1) peserta berusia maksimal 25 tahun, (2) peserta adalah warga yang berdomisili di Sidoarjo, dibuktikan dengan foto KTP atau foto Surat Keterangan Domisili, (3) puisi boleh lama atau baru tetapi harus karya asli, bukan terjemahan atau jiplakan, dan belum pernah dimuat di media manapun, (4) pengiriman naskah puisi antara tanggal 1 – 15 Januari 2021.

“Peserta tidak dipungut biaya alias gratis. Silakan kirim 10 puisi ke email ‘[email protected]’ dengan subjek ‘Nama Peserta’. Tema bebas,” kata Rafif Amir.

Terkait hadiah sayembara, pemilik toko buku Cahaya Pustaka Sidoarjo ini menyatakan, tiap pemenang bakal mendapat uang sebesar Rp 500 ribu. “Karya peserta bakal kita terbitkan dalam satu buku khusus. Buku juga akan kita bagikan gratis saat launching tanggal 9 Februari 2021 nanti. Adapun penyerahan hadiah lomba tanggal 21 Februari 2021 berbarengan dengan perayaan ulang tahun Dekesda,” katanya.

Rafif menjelaskan, kegiatan ini sebenarnya bukan sebatas sayembara. “Komite Sastra Dekesda ingin mengumpulkan data penyair muda Sidoarjo. Data sekaligus karyanya. Sebab mereka-merekalah yang bakal menjadi tulang punggung masa depan sastra Sidoarjo,” tandasnya. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk