Gaya Hidup

Degan Bakar Bertabur Rempah, Laris Manis di Tengah Pandemi

Purwanto sedang membakar degan rempah di lapak dagangannya

Kediri (beritajatim.com) – Degan atau kelapa muda yang identik dijual sebagai minuman segar. Namun bagaimana jika degan dijual dengan cara dibakar? Di sebuah lapak yang terdapat di jalan raya penghubung antara Wates menuju wisata Gunung Kelud, Purwanto warga Desa Pandantoyo, Kecamatan Ngancar, sejak pandemi ini menjual degan bakar.

Ide kreatifnya timbul setelah ia belajar ke temannya yang berada di Sragen Jawa Tengah. Di tempat tersebut, degan bakar tengah digandrungi masyarakat. Selain penyajiannya unik, khasiat yang diperolehpun juga sangat baik untuk kesehatan, terlebih di tengah tengah pandemi.

Menurut Purwanto, sebelum memulai usaha degan bakar, ia sebelumnya berjualan buah segar. Namun semenjak adanya himbauan untuk di rumah saja, dagangannya tersebut tak laku. “Pada Oktober 2020, saya memulai berjualan degan bakar. Saya sangat terkejut karena di hari pertama bisa menghabiskan 40 degan,” terang Purwanto.

Untuk menambah cita rasa agar tak hambar, Purwanto mengaplikasikan ilmunya yang telah ia dapat dari temannya di Sragen Jawa tengah. Sebelum disajikan, degan yang telah dibakar itu diberi tambahan bumbu rempah rempah yang terdiri dari gula aren, jahe merah, madu, sere serta susu putih.

“Dari bahan campuran rempah rempah tersebut degan bakar ini saya namai degan bakar plus plus, selain khasiat dari bumbu rempah yang baik untuk kesehatan juga untuk menarik perhatian pengendara yang melintas. Sehingga sudi mampir di lapak saya ini,” kata Purwanto.

Purwanto sedang membersihakn degan usai dibakar

Dengan dibantu oleh istri serta adiknya, ia setiap hari menghabiskan rata rata 70 hingga 90 buah degan bakar. Selama ini ia mendapatkan bahan degan dari pengepul di Kabupaten Kediri serta Kabupaten Blitar.

“Lapak degan bakar saya setiap hari buka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, namun jika bahan degan sudah habis, kami tutup lebih awal,” ucap Purwanto sambil tersenyum.

Dengan harga Rp 18 ribu, para konsumen sudah bisa merasakan beberapa khasiat dari degan bakar yang telah ditambahi beberapa bumbu rempah tersebut. Antara lain mampu meningkatkan stamina, mengobati sakit pinggang dan melancarkan peredaran darah. Selain itu khasiatnya juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kencing batu. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar