Gaya Hidup

Datang ke Wisata Alam Ini Bisa Bayar Seikhlasnya

Tuban (beritajatim.com) – Berbeda dengan tempat wisata lain, keberadaan Alam Silowo yang berada di Dusun Santren, Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban memberlakukan tarif seikhlasnya untuk para pengunjung yang akan masuk dan menikmati keindahan alam itu, Sabtu (4/1/2020).

Wisata alam yang dikelola oleh Pokdarwis bersama pihak Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak itu saat ini sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu bayar seikhlasnya untuk masuk, di kawasan wisata itu juga terdapat kuliner yang semuanya berbahan Sagu.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, lokasi wisata yang masuknya bayar seikhlasnya itu merupakan wisata air yang bisa untuk berenang langsung di sungai yang jernih. Keberadaan wisata tersebut sudah dibuka oleh pihak desa dan juga Pokdarwis sekitar dua tahun terakhir ini.

“Dulu kawasan di sini merupakan rawa dan kondisi air yang sangat melimpah. Sehingga kita melihat adanya pontensi ini,” kata Imam Rosjadi, yang merupakan ketua Pokdarwis yang menggelola tempat Wisata Silowo itu.

Selain sumber air yang jernih dan melimpah, di sekitar sungai kawasan desa tersebut juga terdapat tanaman Sagu. Sehingga selain menjadikan kawasan itu menjadi lokasi wisata, warga juga berinovasi dengan membuat makanan khas yang semua terbuat dari bahan dasar Sagu.

“Awalnya kita sangat prihatin dengan semua potensi yang ada ini justru dimanfaatkan oleh orang luar dari desa kami. Sehingga kita bersama-sama bergerak memanfaatkan segala potensi yang ada ini dan terus kita kembangkan,” tambah Imam Rosjadi.

Dengan hanya membayar seikhlasnya, para pengunjung yang berlibur di wisata Silowo itu sudah bisa berenang dan bermain air langsung di lokasi sungai yang sangat jernih. Kemudian mereka bisa naik perahu dengan menyusuri kawasan sungai untuk mencari kuliner serba Sagu itu.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI, yang melakukan kegiatan reses dengan langsung mengunjungi lokasi wisata alam mengaku kaget lantaran untuk masuk wisata itu hanya bayar seikhlasnya. Anggota DRP RI dari PKB Dapil IX itu akan mendukung pengembangan potensi wisata desa yang berbasis alam itu.

“Wisata alam seperti ini akan menjadi prioritas yang akan dikembangkan oleh Kementerian Desa yang kebetulan mempunyai program untuk pengembangan Desa Wisata Alam. Insya Allah kami akan segera memfollow up wisata alam ini untuk kita bawa ke Kementerian Desa,” ungkap Ratna Juwita Sari Anggota Komisi VII DPR RI saat berkunjung di wisata Silowo itu.

Sebagai bentuk dukungan secara langsung untuk pengembangan tempat wisata alam tersebut, Ratna Juwita Sari memberikan bantuan berupa satu perahu untuk wisata Silowo. Yang mana diharapkan keberadaan wisata alam tersebut justru akan terus menjaga ekosistem dan kelestarian alam sekitar dan juga berpotensi meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar