Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Dari Haus akan gula Hingga Sering sakit Ini Ciri Tubuhmu Kurang Protein

ready-made,pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Protein sangat dibutuhkan tubuh Anda untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan diregenerasi dengan yang baru. Makanya ketika Anda tidak memiliki asupan protein yang seimbang, ini akan memengaruhi setiap aspek kesehatan tubuh Anda. Lalu apakah yang menjadi ciri tubuh Anda kekurangan asupan protein? Berikut ulasan lengkapnya:

 

Haus akan gula

Seperti dilansir dari Self, Jumat (8/10/2021) Alissa Rumsey, M.S., R.D., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan “Protein dan lemak dicerna lebih lambat daripada karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi makanan yang sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan tidak cukup protein, maka proses pencernaan akan berlangsung dengan cepat dan akan menyebabkan gula darah Anda naik,” katanya.

Kenaikan ini diikuti oleh penurunan gula darah. Jika hal ini terus terjadi, Anda akan menginginkan lebih banyak gula. Kuncinya adalah makan protein dengan karbohidrat sehingga semuanya dicerna lebih lambat, dan perubahan gula darah lebih bertahap dari waktu ke waktu.

 

Rambut rontok

Sebagian rambut khususnya bagian keratin terdiri dari protein. Jika Anda tidak mendapatkan asupan protein yang cukup, maka secara perlahan rambut Anda akan rontok dan menipis. Hal ini karena tubuh Anda berhenti menggunakan protein untuk hal-hal yang tidak penting seperti pertumbuhan rambut dalam upaya mempertahankan simpanannya.

 

Kuku dan kulit mudah rapuh

Selain rambut, protein juga penting untuk pertumbuhan sel-sel kuku dan kulit. Jika Anda tidak mendapatkan cukup asupan protein, akhirnya kuku menjadi mudah rapuh dan gampang terkelupas, kata Rumsey. Sedangkan Hunnes menambahkan bahwa kekurangan protein juga dapat menyebabkan ruam pada kulit atau masalah dermatologis lainnya.

 

Sering sakit

“Protein dibutuhkan untuk membangun komponen sistem kekebalan tubuh kita,” jelas Rumsey. “Jika Anda menyepelekan asupan protein dalam tubuh Anda. Maka seiring berjalannya waktu, sistem kekebalan Anda bisa melemah,” ungkapnya. Untuk itu selain vitamin C dan asupan lainnya, penting untuk Anda memenuhi asupan protein harian. [rsf/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar