Gaya Hidup

Napak Tilas Keajaiban Dunia Islam di Afrika dan Timteng (6)

Dari Daerah Terendah di Dunia Ziarah ke Mertua Nabi Musa

SEUSAI ziarah ke maqam nabi Musa AS di bukit Ma’dabah Jericho, Jerusalem, penulis manembus perbatasan Jordan lewat gerbang Alenbi.

Lepas dari pemeriksaan imigrasi negara Jordania, penulis bersama jamaah Mudatur penjelajah negeri para nabi mampir ke obyek wisata Laut Mati yang populer disebut turis mancanegara dengan nama Dead Sea.

Daerah Laut Mati ini, kata Mardin sahabat penulis asal Jordan, merupakan dataran terendah di dunia. Ia merinci sekitar 450 dibawah permukaan air laut. Sedangkan Laut Mati panjangnya 208 Km, lebarnya 7 hingga 8 Km.

“Kedalamannya sekitar 350 meter, airnya sangat amat asin. Karena mengandung garam yang tinggi, ” jelas Mardin.

Di kawasan resort semacam pantai ini, banyak turis dari belahan dunia yang mengunjungi. Mereka berendam di air yang konon berkhasiat membuat kulit awet muda. “Hanya kulitnya saja yang awet muda, bukan orangnya,” jelas Mardin sahabat penulis yang pernah tinggal sepuluh bulan di Jogyakarta saat belajar bahasa Indonesia.

Dari Dead Sea, penulis meneruskan naik ke lembah Suaib. Di lembah yang tingginya sekitar 600 meter dpl itu ada masjid dan maqam nabi Suaib AS yang juga mertua nabi Musa AS. [fim/but]

Maqam nabi Suaib AS

Apa Reaksi Anda?

Komentar