Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Dapat Perbaiki Kualitas Udara dan Oksigen, Ini Tanaman yang Wajib Ada di Rumah

Daria, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Selain air conditioner (AC) dan diffuser atau pelembab udara, Anda bisa menaruh beberapa tanaman yang dipercaya dapat memperbaiki kualitas udara dan oksigen. Apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman The Well Nest, Jumat (17/9/2021):

Sirih gading

Menurut Rebecca Lazarou, seorang ilmuwan peneliti tanaman obat di Kew Royal Botanic Gardens, Inggris, mengatakan bahwa tanaman juga bernafas seperti manusia. Namun sebaliknya, mereka menghirup karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen yang bersih. Sirih gading terbuktik mampu menghilangkan racun dari udara dan melepaskan oksigen di malam hari.

Tanaman tersebut juga digunakan para ilmuan untuk meneliti efek psikologis dan fisiologis dengan menyentuh daunnya. Hasilnya ketika dipegang, sirih gading akan memberikan Anda ketenangan serta kedamaian. Tanaman ini cepat tumbuh subur, pastikan untuk tidak menaruhnya di bawah cahaya matahari langsung dan menyemprot daunnya dengan air.

Lidah mertua

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa tanaman ruangan dapat secara signifikan mengurangi senyawa organik volatil (VOC) berbahaya atau gas kimia buatan manusia yang dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan Anda. Tanaman berbentuk panjang dengan strip kuning ini terbukti dapat menghilangkan udara beracun seperti formaldehida, xilena, nitrogen oksida, benzena, dan trikloroetilen. Lidah mertua juga dapat menyerap karbon dioksida. Cara merawatnya cukup mudah yakni dengan menghindarkan dari jangkauan cahaya matahari dan tidak perlu disirami.

Palm regu

Beberapa tanaman dapat menetralkan racun berbahaya, sehingga membuat udara sekitarnya bersih dan nyaman. Biasanya mereka menyimpan polutan tersebut di ruang bawah tanah tanaman atau di akar dan akan dikeluarkan malam hari saat Anda tidur. Palm regu dapat membersihkan udara kotor di sekitar Anda, termasuk ammonia. Tumbuhan ini menyukai cahaya remang-remang dan dapat bertahan hidup dalam berbagai suhu.

Bunga herbras

Bagi Anda pecinta bunga sekaligus ingin mendapatkan manfaat udara yang bersih, letakkan bunga herbras di rumah. Sama seperti tumbuhan di atas, bunga ini juga dapat menyaring oksigen serta udara kotor di sekitar Anda. Bunga herbras dapat membersihkan udara dari banyak bahan kimia yang ditemukan dalam cat dan zat lainnya.

Selain itu Rebecca Lazarou menambahkan bahwa merawat tanaman hias juga baik bagi kesehatan mental. “Merawat tanaman hias dan dikelilingi oleh tanaman hijau menurunkan kadar kortisol kita,” pungkasnya. [rsf/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar