Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Dapat Membuat Nafas Segar Hingga Mencegah Sariawan, Ini Segudang Manfaat Menyikat Lidah

Foto oleh Miriam Alonso dari Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Selain menyikat gigi dan berkumur, menjaga kebersihan lidah juga dapat melindungi mulut dari bakteri. Walaupun tidak rutin dilakukan, menggosok lidah dapat mengurangi gigi berlubang dan nafas menjadi lebih segar.

Melansir dari Bustle, Kamis (23/9/2021) Maha Yakob, Ph.D., direktur senior urusan profesional dan ilmiah di perusahaan perawatan mulut menjelaskan manfaat menyikat lidah. “Penelitian menunjukkan bahwa membersihkan lidah dapat membantu menjaga nafas tetap segar.” Nah bagi Anda yang masih belum mengetahui segudang manfaat dari menggosok lidah berikut ulasannya:

 

Membuat nafas segar

Menyikat lidah merupakan cara terbaik bagi Anda yang ingin memiliki nafas segar. Dr. Yakob mengatakan bahwa membersihkan lidah secara efektif dapat menurunkan bakteri penyebab gigi berlubang, penyakit gusi, dan kondisi lain yang mempengaruhi mulut. Menyikat lidah juga dapat membersihkan penumpukkan bakteri, sisa makanan, dan kotoran lainnya yang terdapat di dorsum atau permukaan lidah.

Menurut National Institute of Health, bakteri baik untuk usus. Namun terlalu banyak bakteri dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Dr. Chris Salierno, D.D.S., menyampaikan bahwa lidah adalah sumber utama bau mulut. Selain itu, menurut laporan tahun 2019 di Geriatric Medicine Journal, lapisan kotoran, atau biofilm, di lidah menyebabkan 50% kasus bau mulut.

Makanan terasa lebih enak

Membersihkan lidah dua kali sehari secara signifikan dapat meningkatkan selera makan Anda. Melansir dari My wellness house, bakteri yang mengendap di lidah dapat menutup indera pengecap di permukaan lidah. Sehingga dengan menyikat lidah, akan membuat indera pengecap lebih sensitif merasakan asam, pahit, manis, dan asin yang akan membuat waktu makan Anda lebih menyenangkan.

Mencegah sariawan

Seperti dilansir dari laman Dentist consultation, penumpukkan bakteri yang berlebihan di rongga mulut dapat menyebabkan sariawan atau juga dikenal sebagai kandidiasis mulut yang merupakan bentuk infeksi jamur. Keadaan ini ditandai dengan bercak putih di seluruh mulut, serta lidah yang merupakan organ utama yang sering disasar jenis infeksi ini. Jadi menyikat lidah sangat disarankan untuk mencegah infeksi jamur. [rsf/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar