Gaya Hidup

Coba Praktekkan Cara Kupas Telur Rebus dengan Sempurna

Ron Lach, pexels

Surabaya (beritajatim.com) Telur adalah makanan yang sering dikonsumsi karena mudah diperoleh, diolah dan memberikan kandungan baik. Kendala yang mungkin ketika mengupas telur terkadang ada daging yang masih nempel.

Ada beberapa cara untuk mengupas telur tanpa ada yang lengket:

Tuangkan Perasan Air Jeruk Nipis Ke Dalam Telur
Manfaat dari perasan air jeruk nipis dapat memudahkan dalam merebus telurĀ  mengupas. Hal ini dikarenakan adanya bahan asam sehingga rasa menempel pada cangkang jadi lebih berkurang. Caranya adalah memasukkan air perasan jeruk nipis ketika air rebusan belum mendidih. Kemudian, setelah matang, baru kita dapat mengupas telur dengan lebih mudah. Selain itu, air perasan jeruk nipis lebih mudah ditemukan di pasar sekaligus ketika membeli bahan-bahan makanan.

Merendam Rebusan Telur Matang Dalam Air Es
Salah satu alternatif lain yang dapat digunakan adalah langsung merendam telur rebus yang sudah matang ke dalam air es. Hal ini akan memudahkan ketika mengupas telur rebus dengan sempurna tanpa khawatir putih telurnya terangkat. Maka dari itu kita perlu menyediakan air es didalam kulkas sebelum merebus telur. Kemudian telur rebus sudah matang secara merata, maka langkah selanjutnya kita dapat menuangkan air es ke dalam sebuah wadah. Setelah itu, ambil satu per satu telur rebus yang matang dan masukkan dalam rendaman air es yang ada di baskom. Kemudian, diamkan sementara hingga telur menjadi lebih dingin merata.sehingga kita dapat mengupas telur dengan lebih mudah dan mengelupas dari putihnya.

Mengocok Pada Wadah
Cara dapat dilakukan ketika ingin mengupas telur rebus dalam jumlah yang banyak. Hal ini cukup efektif untuk memudahkan kita mengupas telur dengan kemungkinan mengupas telur dalam waktu yang singkat. Selain itu, cara yang cukup mudah karena kita hanya perlu memasukkan telur rebus yang sudah matang dalam sebuah wadah yang besar. Kemudian isi dengan air sebelum menutup wadah. Setelah itu, kocok-kocok telur dengan cepat dan pastikan kita sudah meretakan bagian kulit dengan merata. Hal ini akan membuat kita lebih mudah mengupas kulit dari telur rebus. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar