Gaya Hidup

Cara Unik Anggota TNI di Kediri Sosialisasi Prokes dengan Seni Jaranan dan Ganongan

Kediri (beritajatim.com) – Berbagai cara dilakukan seluruh Koramil Jajaran Kodim 0809/Kediri dalam mempercepat penangan Covid-19. Kali ini, Korps TNI AD menggelar sosialisasi disiplin protokol kesehatan dengan cara unik yaitu, menggunakan media kesenian.

Koramil 01/Kota Kodim 0809/Kediri bersinergi dengan jajaran kepolisian menggunakan seni jaranan ‘kuda lumping’, barongan dan tari ganongan (bertopeng) saat menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Mereka juga menyasar berbagai tempat umum, diantaranya Pasar Betek, Kelurahan Setonopande, Kecamatan Kota Kediri.

Kekreatifan seni dalam himbauan itu dilakukan sebagai sarana upaya menekan rantai penyebaran virus Covid-19 dengan harapan agar masyarakat lebih tertarik dan memperhatikan himbauan-himbauan yang disampaikan terkait protokol kesehatan.

Danramil 0809/01 Kota Kapten Inf Sutejo mengatakan, bahwa topeng sebagai sarana untuk memancing perhatian warga masyarakat agar supaya mendengarkan himbauan dan pesan  yang disampaikan oleh petugas tentang pendisiplinan protokol kesehatan. Hal ini semata mata guna menekan penyebaran virus Covid-19,” terang Kapten Inf Sutejo.

“Dalam hal ini warga masyarakat diminta untuk mematuhi peraturan dan Surat Edaran (SE) Walikota Kediri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakatan (PPKM), hal itu guna menjadikan wilayah Kota Kediri khususnya Jawa Timur pada umumnya menuju kawasan Zona Hijau dari penyebaran Covid-19, untuk itu dalam kegiatan ini, kami juga bagikan masker secara gratis kepada warga masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, aksi unik aparat keamanan inipun menjadi pusat perhatian masyarakat. Terlebih, seni kuda lamping dan ganongan menjadi kesenian khas Kediri yang banyak digemari.

“Cukup kreatif ya. Pesan-pesan yang disampaikan bisa diterima oleh masyarakat. Sebab tidak monoton,” kata Fajar salah seorang warga yang melihat.

Untuk diketahui, Kota dan Kabupaten Kediri berada di zona oranye penyebaran Covid-19. Dalam setiap hari tak kurang dari 16 hingga 30 kasus baru ditemukan. Sementara itu, Kodim 0809 Kediri yang mengambil peran sentra dalam upaya percepatan penanganan corona mematok target penutupan status menuju zona hijau. [nm/ted].



Apa Reaksi Anda?

Komentar