Gaya Hidup

Cara Rambut Tetap Sehat Meski Ganti Warna

Sumber foto : Rodnae/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Tatanan model rambut terus berubah dari masa ke masa. Mulai dari rambut tomboy khas Demi Moore di tahun 90an hingga potongan bob pendek yang banyak diincar wanita. Tetapi ada satu tren gaya rambut yang sepertinya tidak akan mati, yakni rambut warna-warni. Orang Indonesia sendiri memiliki ciri khas rambut berwarna hitam. Bagi beberapa orang, rambut dengan warna yang berbeda akan terlihat unik dan sedikit nyentrik.

Tren mewarnai rambut sudah ada sejak masa silam, bahkan dari zaman Mesir Kuno hingga Romawi. Tetapi, jika dahulu pewarnaan rambut hanya sebatas warna coklat, kini orang lebih berani untuk mewarnai rambut dengan warna lebih mencolok. Seperti merah, abu-abu, hijau, ungu dan lain-lain.

Di masa pandemi 2020 lalu, tren mewarnai rambut menjadi lebih populer dari sebelumnya. Menghabiskan waktu dirumah membuat masyarakat bingung mencari kesibukan, rambutlah yang menjadi sasaran. Melakukan pewarnaan rambut secara berulang-ulang kali bisa menyebabkan rambut mengalami kerusakan. Seperti kering, rontok, bahkan rambut bisa mati.

Oleh sebab itu, rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan yang ekstra. Berikut ini beberapa tips agar rambut tetap terjaga meski bergonta ganti warna.

1. Shampo dan Conditioner Khusus

Rambut yang telah melewati proses bleaching dan pewarnaan biasanya akan kehilangan lapis pigmennya, membuat rambut menjadi lebih kering dan kasar. Untuk itu, diperlukan shampo dan conditioner khusus, terutama yang mengandung protein dan keratin. Meski tidak memperbaiki sepenuhnya, rambut akan lebih lembab dan tidak kering.

2. Masker dan Hair Oil

Selain shampo dan conditioner, bisa gunakan masker dan hair oil atau minyak zaitun untuk menjaga kelembapan rambut. Aplikasikan masker satu kali dalam seminggu setelah keramas, sementara hair oil bisa digunakan sebelum keramas.

3. Hindari keramas terlalu sering

Mencuci rambut setiap hari dirasa akan membuat rambut selalu bersih dan wangi. Padahal jika terlalu berlebihan rambut bisa menjadi rapuh dan mudah rontok. Cucilah rambut sesuai kebutuhan.

4. Hindari penggunaan styling rambut

Untuk beberapa saat, jangan menggunakan alat styling rambut. Rambut yang baru diwarnai lebih rapuh dan mudah patah, sehingga apabila dipakskaan untuk terkena catokan bisa membuat rambut semakin rusak.

Tata cara di atas mungkin bisa dicoba bagi kalian yang memiliki hobi berganti warna rambut. [mnd/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar