Gaya Hidup

Cara Mudah dan Sederhana Berkontribusi Turunkan Suhu Bumi

(Foto: Bill Oxford, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sementara film Interstellar tidak secara tepat menyatakan bahwa dunia hancur oleh pemanasan global, ini membuka mata untuk melihat bahwa planet dan atmosfer yang kita sebut rumah suatu hari nanti bisa berbalik melawan kita. Pemanasan global telah meningkat secara bertahap dalam dekade terakhir.

Faktanya, dalam 50 tahun terakhir, suhu global bumi telah meningkat sebesar 3%. Polusi yang disebabkan oleh pelepasan karbon dioksida ke udara menciptakan selimut di atas atmosfer. Pemanasan global dapat menyebabkan seluruh rangkaian peristiwa merusak ekosistem, pola cuaca, dan berbagai faktor lainnya. Kita semua berperan dalam masa depan kita.

Berikut adalah cara umum namun praktis dan mudah untuk menghentikan atau mencegah pemanasan global agar kita tidak perlu mencari kolonisasi di planet lain. Yuk simak!

1. Kurangi, Gunakan Kembali, Daur Ulang

Mengurangi kebutuhan Anda untuk membeli produk baru menghasilkan jumlah limbah yang lebih sedikit. Bahkan jika Anda perlu membeli, pertimbangkan untuk membeli produk ramah lingkungan. Ini adalah yang paling efektif dari tiga R. Itu hanya mengatakan potong kembali dari mana Anda sekarang.

Gunakan kembali botol, wadah plastik, dan barang-barang lain yang dibeli di toko bahan makanan. Menggunakan kembali botol air, cangkir yogurt, dan barang-barang lainnya adalah kesadaran tentang apa yang sudah ada di luar sana. Ini akan mengurangi keharusan membeli barang lain yang akan memenuhi fungsi yang sama.

Cobalah untuk menggunakan produk sekali pakai menjadi beberapa bentuk lain. Hanya saja, jangan membuangnya.Anda dapat mendaur ulang hampir semua hal, misalnya kertas, botol, aluminium foil, kaleng, koran. Mendaur ulang barang-barang yang tidak diinginkan ini adalah tip penghematan bumi yang bagus. Dengan mendaur ulang, Anda dapat membantu mengurangi tempat pembuangan sampah.

2. Kurangi Sampah

Tempat pembuangan sampah adalah penyumbang utama metana dan gas rumah kaca lainnya. Ketika limbah dibakar, ia melepaskan gas beracun ke atmosfer, yang menyebabkan pemanasan global. Menggunakan kembali dan mendaur ulang barang-barang lama dapat mengurangi jejak karbon Anda secara signifikan karena mendaur ulang barang-barang lama membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit.

3. Perbaiki Perabot Anda

Meja daur ulang, furniture, dan barang-barang usang lainnya untuk menjaga tempat pembuangan sampah tetap bersih. Pertimbangkan untuk menggunakan bahan daur ulang seperti palet atau mengganti furnitur lama Anda daripada membeli yang baru. (rad/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar