Gaya Hidup

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Akibat Berlubang

Engin Akyurt, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Gigi berlubang tak hanya bisa menimbulkan rasa sakit, namun juga ngilu pada gigi. Kalau sudah begini biasanya mood ikut berantakan dan mau beraktivitas juga jadi tidak lagi mengasyikkan. Untuk mengatasi penderitaan tersebut, ada beberapa cara efektif untuk mengatasinya.

Berikut Cara Mengatasi Gigi Ngilu Akibat Berlubang, simak penjelasannya.

Gunakan Pasta Gigi Sensitif

Hal paling simpel agar gigi ngilu tidak lagi muncul dalam jangka waktu panjang, tentu dengan rutin menggunakan pasta gigi khusus atau sensitif untuk gigi ngilu. Pasta gigi sensitif biasanya menggunakn teknologi khusus, seperti NovaMin. Teknologi inilah yang dapat membentuk lapisan mineral gigi 1,5 kali lebih kuat disbanding dengan lapisan alami dentin.

Kumur Air Garam

Cara ini mungkin yang paling sering digunakan masyarakat umum. Selain bahannya yang mudah didapat dan caranya yang simpel, kumur menggunakan air garam dipercaya dapat mengurangi peradangan pada gigi, termasuk di dalamnya untuk mengatasi ngilu. Tak hanya itu kandungan natrium klorida pada gigi juga dianggap dapat membunuh bakteri pada gigi.

Oleskan Kunyit

Selain garam, kunyit juga dipercaya sebagai solusi tradisional untuk mengatasi gigi yang ngilu. Cara menggunkannya bisa dengan cara mencampurkan kunyit yang sudah halus dengan gram dan minyak kelapa. Campur ketiga bahan tersebut hingga menjadi sebuah pasta, kemudian oleskan pada gigi. Kandungan kurkumin pada kunyit dianggap efektif membunuh bakteri dan meminimalisir peradangan.

Gunakan Fluoride

Cara modern yang bisa mengatasi gigi ngilu tentu dengan pergi ke dokter. Biasanya dokter akan menganjurkan untuk menggunakan fluoride. Cara ini cukup efektif mengobati gigi yang berlubang dengan tingkat kerusakan yang lebih kecil. Dengan fluoride ini dipercaya dapat memulihkan enamel gigi berlubang.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi gigi ngilu akibat berlubang yang bisa dicoba. Namun, untuk mencegah gigi ngilu datang kembali sebaiknya hindari makanan dan minuman yang terlalu manis ataupun masam. Karena keduanya dapat mengikis gigi dan membuatnya semakin sensitif. Batasi mengonsumsi makanan dan minuman dengan suhu panas atau dingin. Suhu yang ekstrem dapat membuat gigi berlubang juga menjadi lebih sensitif. [fyi/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar