Gaya Hidup

Cara Asyik Pertempuran Peracik Kopi

Jember (beritajatim.com)Jember Barista Fun Battle pertama kali digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (30/3/2019). Ini cara asyik para barista memamerkan kecakapannya meracik kopi di Hotel Meotel.

Muhammad Novriansyah, Sales Manager Hotel Meotel mengatakan, kompetisi barista ini diikuti 24 orang dari Jember, Banyuwangi, dan Malang. Setiap peserta mendapat sertifikat. “Harapannya, peserta menjadi barista berkualitas. Ini pertama kali di Jember,” katanya.

Penentuan pemenang berdasarkan dari gambar latte up. “Kedua, juga dinilai dari foam dan ketebalan gambar tersebut, serta takaran komposisinya,” kata Novriansyah.

Even pertama digelar di Jogjakarta. “Kami merangkul seluruh barista kedai-kedai kopi di Jember dan kaum difabel. Khusus untuk kaum difabel, kami memperkenalkan cara membikin kopi mulai dari biji kopi sampai jadi minuman,” katanya.

Salah satu barista, Siti Fitria Arisa, mengaku ini pengalaman pertamanya mengikuti ‘latte art battle’. “Saya memberanikan diri ikut. Tapi hasilnya begitulah. Sedih sekali. Saya gemetar. Buat pengalaman lagi, buat ke depannya saya terus belajar,” katanya.

Fitria mengatakan, menggambar di atas permukaan minuman kopi espresso membutuhkan keahlian tersendiri. “Saya dulu juga tidak bisa awalnya membuat gambar di kopi. Saya sering lihat video-video latte art. Tapi tadi nervous. Untu steam susu yang bagus, harus bisa mendapatkan foam yang silky banget. Suhunya harus pas,” katanya. [wir/suf]






Apa Reaksi Anda?

Komentar