Gaya Hidup

Cara Alami Hilangkan Jerawat Membandel

Pexels, Ron Lach

Surabaya (beritajatim.com) – Jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang paling umum dan dialami oleh hampir semua orang.

Jerawat timbul karena di dalam pori-pori kulit kita, sebum bercampur dengan sel kulit mati, pori-pori kulit kita tersumbat dan bakteri penyebab jerawat mulai muncul dan radikal bebas merusak jaringan kulit kita sehingga muncul kemerahan dan inflamasi.

Terkadang kemerahan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi terdapat beberapa kasus di mana kemerahan tidak hilang bahkan setelah beberapa saat yang berarti kemerahan dan inflamasi tersebut telah berubah menjadi luka.

Terdapat beberapa perawatan natural yang bisa kita coba sendiri di rumah, di antaranya adalah:

 

Es Batu

Menggunakan es batu bisa jadi menjadi salah satu cara tercepat. caranya Letakkan beberapa es batu ke dalam sebuah kain, dan letakkan kompresan es batu tersebut ke tempat dimana adanya inflamasi. Biarkan selama beberapa menit dan ulangi cara tersebut hingga kemerahan berkurang. pastikan kita tidak mendorong kompresan tersebut terlalu kuat yang dapat memperparah keadaan inflamasi.

 

Obat Tetes Mata

Obat tetes mata seperti Visine mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Teteskan obat mata ke kapas dan letakkan di dalam freezer selama semalam. Keesokan harinya letakkan kapas pada jerawat selama beberapa menit. Ulangi langkah tersebut hingga kemerahan pada jerawat berkurang.

 

Aspirin

Tidak hanya bermanfaat sebagai obat sakit kepala, aspirin memiliki kandungan salicylic acid yang bermanfaat untuk mengurangi inflamasi. Bagi tablet aspirin menjadi 2, tambahkan sedikit air, dan aplikasikan pada area yang berjerawat. Tempelkan plester untuk menutupinya dan diamkan selama 30 menit.

 

Pasta Gigi Tanpa Mint dan Fluoride

Pasta gigi memiliki kandungan silika yang dapat membantu mengeringkan jerawat. Akan tetapi ada baiknya bagi kita untuk menghindari penggunaan pasta gigi yang memiliki kandungan mint dan fluoride, karena kandungan tersebut dapat menyebabkan iritasi dan juga menimbulkan lebih banyak jerawat.

 

Make-Up

Kita juga bisa menutupi jerawat yang kita punya dengan menggunakan make-up. Pilihlah kosmetik dengan kandungan yang aman bagi kulit yang berjerawat sehingga tidak menimbulkan iritasi lebih lanjut. [dwp/esd]

Apa Reaksi Anda?

Komentar