Gaya Hidup

Cak Thoriq Berharap Ada Lift Wisatawan ke Dasar Air Terjun Tumpak Sewu

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq berkeinginan menambah fasilitas lift untuk kenyamanan pengunjung menuju dasar air terjun Tumpak Sewu Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Pasalnya, lokasi tersebut menjadi salah satu kunjungan favorit wisatawan mancanegara.

“Kalau pakai tangga dari besi belum memberikan kenyamanan,” kata Cak Thoriq, panggilan akrab Bupati Lumajang, saat mengunjung obyek wisata yang berada di sungai perbatasan Lumajang-Malang itu, Senin (10/8/2020).

Menurut dia, Tumpak Sewu adalah destinasi wisata unggulan Jawa Timur. Bahkan tempat tersebyut menjadi salah satu paket wisata Bromo dan Ijen bagi wisatawan mancanegara. Air terjun yang muncul dari seribu lebih sumber ini menjadi daya tarik tersendiri. “Artinya, kita punya obyek wisata bertaraf dunia,” paparnya.

Sebelum pandemi, kunjungan wisatawan asing ke Tumpak Sewu dalam sebulan bisa mencapai lebih dari 500 orang. Para agen perjalanan wisata luar negeri menjadikan Tumpak Sewu sebagai salah satu kunjungan favorit. “Rata-rata wisatawan asing menyukai obyek wisata alam,” terang Cak Thoriq.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bambang Soekamto mengatakan, pihaknya melakukan inovasi obyek wisata andalan seperti pendakian ke Semeru, Puncak B29 dan Tumpak Sewu. “Kita akan kaji seperti apa lift yang cocok untuk obyek wisata alam seperti Tumpak Sewu dan Goa Tetes,” jelasnya. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar