Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Bungko Kopyor, Paling Enak Disruput saat Berbuka Puasa

Kuliner khas Gresik Bungko Kopyor cocok buat hidangan berbuka puasa

Gresik (beritajatim.com) – Puasa Ramadan di hari pertama banyak orang menjajakan hidangan takjil untuk menu berbuka. Salah satu hidangan takjil yang layak dicoba dan paling enak disruput saat berbuka puasa adalah Bungko Kopyor.

Kuliner khas Gresik itu sudah puluhan tahun menjadi pelengkap buat hidangan takjil. Khususnya di Bulan Ramadan 1443H. Makanan yang terbuat dari bahan-bahan seperti mutiara, pisang raja, nangka, dan kolang kaling, dicampur santan lalu dibungkus pakai daun pisang itu sangat cocok buat hidangan di Bulan Ramadan.

Salah satu pedagang Bungko Kopyor, Mustain (43), asal Kecamatan Bungah, Gresik menuturkan, dirinya sudah 10 tahun menjajakan makanan bungko kopyor di Jalan Sumatra Perum Gresik Kota Baru (GKB). Dari 80 bungkus yang dijual habis alias ludes saat menjelang Maghrib.

“Saya membawa 80 bungkus bikinan istri dan dijual perbungkus Rp 9 ribu. Alhamdulillah ini mau habis saat pas ramai,” tuturnya, Minggu (3/04/2022).

Mustain menceritakan menu ini merupakan resep yang sudah turun-menurun. Kebetulan istrinya membuat Bungko Kopyor diajari langsung oleh ibunya. “Makanan khas Bungko Kopyor ini hanya dijual di Gresik, tidak dijual di daerah lain,” ujarnya.

Sementara salah satu pembeli Sofyan (50) asal Desa Randu Agung, Gresik mengatakan, dirinya setiap Bulan Ramadan selalu menyempatkan membeli buat hidangan berbuka puasa bersama keluarga. Selain harganya terjangkau rasanya yang manis sangat tepat disantap saat berbuka puasa. “Kalau Bungko Kopyor rasanya manis segar seperti kolak, dan tidak pakai bahan pengawet,” katanya.

Selain Bungko Kopyor, hidangan lain yang dijajakan oleh pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Sumatra Perum GKB juga ada bonggalan dan telur ikan bader. Kedua menu ini dijual Rp 10 ribu. Keberadaan makanan tersebut membuktikan bahwa kuliner khas Gresik terbukti tidak tersisih karena masih diserbu pembeli. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar