Gaya Hidup

Bukit Soeharto, Wisata Alam Sarat Sejarah di Ponorogo

Patung Presiden Soeharto menyambut pengunjung yang masuk ke lokasi. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Di dalam masa pandemi Covid-19 ini, Ponorogo memunculkan wisata alam baru yakni Taman Bukit Soeharto. Objek wisata yang baru dilaunching pada akhir Desember tahun 2020 ini, terletak di Kecamatan Badegan. Untuk ke lokasi tersebut, memerlukan waktu sekitar 25 menit dari kota Ponorogo menuju ke arah barat atau kurang lebih jaraknya sekitar 18 kilometer.

Selain menyuguhkan keindahan alam yang cantik, asri dan masih alami, wisata yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Jawa Tengah itu ternyata menyimpan nilai sejarah. Seperti namanya, bukit ini pernah dikunjungi oleh Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. The Smilling General julukan Soeharto membangun monumen diatas bukit, sebagai tanda dirinya pernah singgah.

“Monumen itu dibangun tahun 1978, ditandatangani beliau, saat Pak Harto singgah ke sini,” kata salah satu pengelola Bukit Soeharto, Heri Kurniawan, Minggu (17/1/2021).

Monumen tanda singgahnya Presiden Soeharto di daerah Badegan pada tahun 1978. (foto/Endra Dwiono)

Pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp 7.500,- untuk masuk ke bukit yang memiliki luas 6,5 hektare ini. Patung Presiden Soeharto dengan senyum menyunggingnya menyambut pengunjung yang masuk lokasi tersebut. Jalan paving stone yang lebar, membuat pengunjung mudah untuk mencapai atas bukit yang ada monumen peninggalan dari Pak Harto.

“Selain berwisata untuk melepas penat, di tempat ini pengunjung juga bisa mengenang sejarah peninggalan Presiden Soeharto,” katanya.

Untuk istirahat dan menikmati alam dari ketinggian, pihak pengelola juga menyediakan beberapa gasebo bagi pengunjung. Lokasi wisata yang berada di jalan jalur provinsi ini, membuat Bukit Soeharto ini banyak pengunjung dan cepat terkenal. Heri menyebut bahwa Bukit Soeharto juga bisa menjadi rest area bagi mereka yang sedang bepergian jauh.

“Tempat ini lumayan luas, istirahat sejenak untuk mengobati rasa lelah sambil menikmati pemandangan yang masih alami,” katanya.

Sementara itu, Erna Aminin (30) salah satu pengunjung Bukit Soeharto mengungkapkan dirinya tahu tempat wisata baru ini dari media sosial. Karena penasaran, dirinya dengan anak dan suaminya akhirnya berkunjung ke objek wisata Bukit Soeharto tersebut.

“Tempatnya bagus, dari atas bukit pemandangan luarbiasa indah. Selain itu bernilai sejarah, jadi juga bisa untuk mengedukasi anak, bahwa Presiden dulu pernah singgah ke tempat ini,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar