Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Bukan Hanya Dagingnya Saja, Biji Alpukat Punya Manfaat

Foto oleh mali maeder dari Pexels

Surabaya (beritajatim.com) Buah-buahan hadir sebagai makanan yang mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan. Kadangkala kita menemukan khasiat pada buahnya, ternyata bukan hanya itu, biji pada alpukat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Bentuk dari biji alpukat adalah cangkang yang keras dengan ukuran yang besar, bahkan hampir 15 hingga 18 persen dari keseluruhan buahnya.

Faktanya, biji alpukat memiliki kandungan asam lemak, karbohidrat, serat pangan, dan protein. Selain itu, biji alpukat dipercaya mengandung fitokimia yang berperan sebagai antioksidan. Ketika kita mengetahui manfaat biji alpukat untuk kesehatan, maka lebih baik jangan dibuang begitu saja.

Untuk mendapatkan manfaatnya, biji alpukat bisa dijadikan ekstrak untuk membantu menghindari penyakit pada tubuh. Selain kita bisa mengonsumsi ekstrak biji alpukat secara langsung, supaya lebih praktis kita bisa menemukan dalam bentuk suplemen.

Makanan Penting untuk Para Penderita Maag atau Penyakit Asam Lambung

Seringkali penyakit ini diderita hampir sebagian besar orang. Biasanya, gangguan lambung membuat penderita mengalami rasa sakit di ulu hati. Itulah yang menimbulkan reaksi muntah dan badan lemas. Biji alpukat dipercaya mampu mengatasi penyakit asam lambung.Namun sebagai antisipasi terserang penyakit asam lambung sebaiknya seimbangkan dengan mengonsumsi makanan yang mencegah asam lambung.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dalam Melawan Penyakit

Daya tahan tubuh dapat dikatakan sebagai perisai untuk mencegah penyakit menyerang tubuh kita. Maka dari itu, memang penting untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh. Cara yang dapat dilakukan selain berolahraga adalah mengonsumsi makanan sehat seperti ekstrak biji alpukat.

Alasannya, biji alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan pada biji alpukat mencapai 70 persen sehingga berkhasiat menangkal radikal bebas.

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Inilah kegunaan biji alpukat yang sudah dilakukan oleh Negara Nigeria sejak lama. Biji alpukat biasa digunakan sebagai pengontrol tekanan darah yang dijadikan sebagai ekstrak. Ekstrak biji alpukat dianggap mampu mengontrol tekanan darah tinggi agar kembali normal. Faktor pendukung dari manfaat ini dikarenakan ada kandungan mineral berupa kalium yang berguna untuk mengontrol tekanan darah.[prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar