Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Blue Flame hanya Ada di TWA Kawah Ijen?

Kawah Ijen Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Blue Flame atau sering dikenal Blue Fire ternyata hanya ada di TWA Kawah Ijen, Banyuwangi. Kondisi ini menepis anggapan adanya fenomena api biru di belahan dunia lain, seperti di Islandia. Tapi apakah benar, jika si api biru hanya dapat dinikmati di Gunung Kawa Ijen saja?.

Ketua Harian Geopark Ijen Banyuwangi Abdillah Baraas mengungkapkan mengenai fakta itu. Menurutnya, pernyataan itu diungkap dari beberapa kegiatan yang digelar oleh Geopark Ijen.

“Beberapa pengamat gunung berapi dunia sempat memberikan testimoni adanya Blue Flame hanyalah ada di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen. Mereka adalah Valentin R Troll dari Uppsala University Sweden,  Prof Kim Berlo dan Dr Vincent van Hinsberg dari McGill University Canada,” kata Abdillah Baraas, Rabu (26/1/2022).

Dari kegiatan itu, kata Abdillah, Kawah Ijen merupakan tempat terbaik untuk melakukan penelitian tentang gunung api. Menurutnya, karena beberapa fenomena yang cukup jarang ditemukan di dunia terjadi di Kawah Ijen.

“Gunung Ijen terdapat kawah asam yang merupakan kawah asam terbesar di dunia dan fenomena blue flame yang diklaim merupakan satu-satunya di dunia yang berada di kawah gunung api aktif karena dipengaruhi oleh sulfur yang ada,” terangnya.

Dalam sebuah penelitian, para pengamat gunung mengakui, tidak ada lokasi yang sama dengan Kawah Ijen yang mengeluarkan api biru di sekitar kawah. Bahkan, salah seorang profesor yang telah melakukan riset cukup lama di Islandia, namun tidak menemukan fenomena api biru.

“Prof Kim telah melakukan riset di Islandia, tapi tidak menemukan adanya Blue Flame. Karena secara struktur geologi berbeda dengan yang ada di kawasan ijen. Sehingga bisa disimpulkan bahwa blue flame Ijen merupakan satu-satunya blue flame yang ada di kawah gunung api aktif yang ada di dunia,” jelasnya.

Abdillah menegaskan, fakta ini bisa menjadi bukti autentik bahwa Blue Flame hanya ada di Gunung Ijen.

“Mungkin mulai sekarang bisa disosialisasikan dan diluruskan bahwa Ijen kita ini memiliki satu-satunya blue flame yang ada di kawah gunung api aktif di dunia,” tambahnya. (rin/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar