Gaya Hidup

Bira Tengah Motori Program Desa Wisata di Sampang

Pintu masuk lokasi wisata Lon Malang

Sampang (beritajatim.com) – Bira Tengah menjadi salah satu desa di Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, yang aktif mendukung program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat yang dibingkai dengan program inovasi desa.

Kepala Desa Bira Tengah, Martuli  mengaku mengenjot sejumlah aspek, mulai dari pengembangan wisata Lon Malang, hingga pengelolaan terasi dan ikan kering di sektor perikanan. Tidak hanya itu, sektor pertanian juga menjadi daya tarik utama, salah satunya prospek usaha bawang dan tembakau.

“Kami bersama masyarakat dan semua pihak terkait ingin memberikan contoh positif bagaimana desa terpencil mampu bersaing dengan daerah berkembang lainnya,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Lon Malang, Mastuki, Rabu (30/10/2019).

Ia juga mengatakan bahwa langkah tersebut mendapat dukungan penuh dari semua pihak terkait pengembangan desa wisata, karena dapat berdampak terhadap peningkatan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

“Karena kami yakin lewat sektor pariwisata akan menjadikan pendapatan masyarakat di sekitar objek wisata yang ada. Dukungan dan antusias tokoh masyarakat juga saya butuhkan untuk pengembangan desa wisata di Desa Bira Tengah ini,” imbuhnya.

Tak selesai di sana, alumni Ponpes Al Amin Parenduan Sumenep 2002 itu menyakini bahwa dengan adanya pengembangan desa wisata dengan berbagai bidang keunggulan tersebut dapat berdampak terhadap terciptanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat dan sekitarnya.

“Terciptanya lapangan pekerjaan baru dan pemberdayaan masyarakat yang berkualitas ini salah satu manfaat desa wisata yang sedang kami kembangkan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa perubahan akan datang, baik dalam hal penduduk desa yang mungkin akan bertambah karena terbukanya lapangan kerja hingga pengembangan desa agar dapat menjadi lokasi wisata yang layak bagi wisatawan.

Pihaknya berharap dengan ada pengembangan sektor wisata di Desa Bira Tengah menjadi daerah percontohan bagi daerah lainnya, sehingga percepatan pembangunan di Kabupaten Sampang dapat berjalan optimal. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar