Gaya Hidup

Bioskop di Malang Boleh Buka Lagi Asal Ada Penyaring Udara di Studio

Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Moviemax Sarinah, Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang telah meninjau kesiapan bioskop salah satunya Moviemax Sarinah, Jalan Merdeka Utara, Kota Malang. Peninjauan dilakukan sebelum diperbolehkan buka kembali di tengah pandemi Covid-19.

“Ada satu item protokol kesehatan yang belum dipenuhi oleh pengelola pada saat operasional di dalam gedung. Jadi harus ada penyaring udaranya. Sehingga hembusan nafas saat penonton batuk, bisa terserap dengan alat itu,” kata Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif, Senin, (26/10/2020).

Husnul mengatakan, secara keseluruhan Moviemax Sarinah telah menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat. Salah satunya, 3 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Selanjutnya mereka akan melakukan kajian bersama tim sebelum memutuskan diperbolehkan kembali buka.

“Jadi, kalau kita lihat dari protokol kesehatannya, mulai dari masuk sampai keluar, itu sudah memenuhi protokol kesehatan. Nanti akan kita buatkan rekomendasi sebelum ada keputusan,” ujar Husnul.

Sementara itu, Manager Moviemax Sarinah Kota Malang, Wanda Juliant, menuturkan catatan dari Dinkes Kota Malang terkait pemasangan air purifier atau penyaring udara siap dipenuhi. Menurutnya, mereka sudah memiliki alat itu, hanya tinggal dipasang saja.

“Kebetulan kami sudah ada unitnya (air purifier). Cuma tadi belum diinstalasi saja. Tinggal dicolok, dipasang sudah jadi. Kami sudah siapkan protokol kesehatan. Diantaranya pengukuran suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer, kapasitas dikurangi 50 persen hingga penerapan physical distancing pada bangku penonton. Dan dilarang membawa makanan ke studio,” tandasnya. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar