Gaya Hidup

BI Jember: 3 Desain Batik Lokal akan Dibawa ke New York

Jember (beritajatim.com) – Bank Indonesia Perwakilan Jember menampilkan batik lokal untuk menjadi bahan desain acara Virtual Fashion Show Road to Fesyar 2020, Jumat (25/9/2020) malam. Sebanyak 25 busana berbahan dasar batik Jember ini didesain desainer asal Surabaya Geraldus Sugeng.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mengangkat produksi komunitas perajin batik di Kecamatan Ambulu, kali ini BI Jember menampilkan karya pegiat batik di sembilan kecamatan. “Lalu diseleksi dan terpilih 25 desain yang ditampilkan,” kata Pemimpin Kantor BI Jember Hestu Wibowo.

Dari 25 desain batik tersebut, tiga di antaranya akan dipilih untuk menjadi bahan dasar busana yang akan ditampilkan dalam peragaan busana di New York, Amerika Serikat, November mendatang. “Ini peluang bagi batik Jember untuk tak hanya tampil bukan saja di panggung nasional, tapi juga di panggung internasional,” kata Hestu.

Hestu mengatakan, peragaan busana kali ini mengawali acara Festival Syariah yang akan digelar pada 3 dan 10 Oktober 2020 di Surabaya. “Kami melanjutkan tahun lalu yang menggelar fashion show. Fashion show ini adalah trigger agar usaha mikro kecil menengah bangkit kembali pada saat-saat pandemi seperti ini,” katanya.

Indonesia memiliki potensi besar sebagai kiblat busana muslim dunia. “Mungkin dengan batik yang didesain dengan pakaian muslim bisa jadi semacam trigger bahwa di tengah pandemi seperti ini UMKM masih tetap memiliki semangat berproduksi dan survive di tengah masa-masa sulit,” kata Hestu.

Kantor Perwakilan BI Jember punya kewajiban moral untuk mengangkat potensi batik lokal. “Karena saya melihat potensi batik di Jember cukup besar. Pegiat batik di Jember seharusnya bisa tetap berkiprah sebagai pegiat ekonomi kreatif. Di tengah pandemi perlu ada dukungan dan jalan agar pegiat batik Jember tetap berproduksi,” kata Hestu.

Acara tersebut juga meningkat kebanggaan terhadap produk-produk lokal. “Kami coba bangkitkan UMKM dan mengangkat nilai-nilai budaya batik,” kata Hestu. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar