Gaya Hidup

Bersepeda Menjadi Pilihan Olahraga Saat Pandemi Covid-19

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kegiatan selama pandemi Covid-19 banyak mengubah perilaku kehidupan sehari-hari masyarakat. Termasuk dalam segi kesehatan. Bersepeda menjadi salah satu yang digandrungi masyarakat saat ini.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang servis sepeda pancal, Rozi Warga Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro. Selama pandemi ini, kegiatan bersepeda semakin banyak digandrungi.

“Banyak sekarang warga yang memilih olahraga bersepeda selama pandemi ini. Komunitas-komunitas sepeda pancal baik dari pemuda kampung dan lain-lain juga banyak,” ujarnya, Minggu (7/6/2020).

Kemunculan komunitas-komunitas goweser atau sepeda pancal ini juga terlihat dari banyaknya warga yang menyervis sepeda ditempatnya. Bahkan, setiap harinya bisa menyervis sepeda lebih dari 10 unit. “Banyak yang sampai ditinggal, karena kewelahan,” terangnya.

Salah satu komunitas sepeda pancal yakni, Komunitas X-23 dari Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Selain bersepeda, komunitas yang beranggotakan dari pemuda desa itu juga memiliki kegiatan bakti sosial di kampung.

“Kegiatan sosial yang dilakukan skala desa seperti penyemprotan disinfektan, bakti sosial kepada warga yang terkena musibah dan lain-lain. Komunitas ini sebagai wadah berkumpulnya pemuda desa,” jelas salah seorang anggota komunitas X-23, Surono.

Banyaknya komunitas goweser bahkan sudah menggeser nilai olahraga menjadi gaya hidup baru. Bahkan, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah beberapa kali sebelum masa pandemi juga melakukan sosialisasi dan jaring informasi dari warga melalui bersepeda.

Bupati bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Bojonegoro menyapa warga dengan cara bersepeda. Aspirasi warga yang ditemui menjadi sumber pertimbangan dalam pengambilan kebijakan pemerintah.

“Setiap kesempatan melakukan edukasi kepada warga untuk hidup sehat, lingkungan sehat asri. Buang sampah pada tempatnya, perencanaan Pemkab, pelayanan dan kepuasan warga adalah ending dari kebijakan kami,” ujar Bupati Anna dalam sebuah unggahannya di media sosialnya saat melakukan gowes. [lus/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar