Gaya Hidup

Bermodalkan Kreativitas, Karta di Probolinggo Ini Aktif Membangun Desa

Probolinggo (beritajatim.com) – Anak-anak muda di Desa Brumbungan Lor yang tergabung dalam karang taruna (karta) Heppiii Community Probolinggo sukses memborong juara 1 dalam dua kali kompetisi foto story yang digelar Inspire. Hasilnya, selain mendapatkan apresiasi piagam penghargaan, mereka juga meraih hadiah uang tunai jutaan rupiah.

Kompetisi foto yang diikuti Karta Patriot ini bertema ‘Siapa Kita’. Dalam lomba foto ini Karta Patriot berhasil menyisihkan puluhan pesaingnya dan meraih juara 1.

Dalam kompetisi foto lanjutan dengan tema ‘Apa Prestasi Kita’, Karta Patriot kembali merebut hati dewan juri dengan foto-foto kegiatan desa mereka yang sangat keren.

Dalam kompetisi ini, mereka mengambil tema “Bersama Membangun Desa dan Bersama Berprestasi”. Foto-foto kegiatan anak-anak muda di sana kembali jadi andalan mereka, dan akhirnya meraih juara 1 untuk kedua kalinya berturut-turut.

Koordinator Karta Heppiii Community Probolinggo Andi Susanto mengatakan, pemuda yang tergabung dalam Karta Patriot memutuskan untuk menggunakan hadiah lomba foto story untuk membangun gapura. Sebagian dana yang lain juga diambil dari uang kas mereka. Lokasi gapura ini berada di pintu masuk gang RT 008/ RW 003 Desa Brumbungan Lor, Probolinggo.

“Pemuda-pemuda di sini memang dikenal sangat kreatif dan produktif. Sebelumnya, mereka telah membangun perpustakaan kafe literasi yang semuanya di desain mereka sendiri.” kata Andi, Rabu (11/11).

Bentuk gapura yang dibangun bergaya minimalis dengan sentuhan ornament gaya khas anak muda. Peresmian gapura kemarin juga bertepatan dengan Hari Pahlawan yang sebelumnya juga dibarengi dengan kegiatan donor darah.
“Pembangunan gapura ini dimulai sejak tiga bulan lalu, mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh karang taruna Brumbungan Lor ini bisa memicu desa-desa lainnya untuk membangun desa masing-masing,” harap Andi.

Selain, Karta Brumbungan Lor, terdapat juga Karta kreatif lainnya di Probolinggo yang aktif membangun desa. Seperti Karta Laweyan, Boto, dan Kedung Sari yang juga membangun gapura desa. Kemudian, juga ada Karta dari Desa Sapi Kerep yang membangun pos kamling.

Sebelumnya, Karta Patriot ini dikenal sebagai karta yang aktif. Sejumlah anggota DPRD Probolinggo kerap mendatangi base camp mereka. Terbaru adalah kedatangan anggota Komisi 1 DPRD Probolinggo pada 23 Oktober lalu untuk menjaring aspirasi dari anak-anak muda desa setempat.

Jauh hari sebelumnya yakni pada bulan April 2020, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Komisi E bidang kesejahteraan sosial juga mengunjungi Desa Brumbungan Lor dan bertemu dengan personel Karta Patriot yang tergabung dalam Heppiii Community Probolinggo. (*/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar