Gaya Hidup

Berkat Bisnis Ini, Ibu Muda di Jombang Raup Ratusan Juta

Jombang (beritajatim.com) – Di sebuah rumah makan di kawasan Mojoagung, Jombang, sejumlah ibu muda berkumpul, Minggu (13/12/2020). Mereka duduk di kursi yang telah disiapkan. Tentu saja, antara kursi satu dengan lainnya diatur berjarak sedemikan rupa.

Para ibu muda ini juga mengenakan masker. Itu sebagai bentuk ketataan mereka terhadap protokol kesehatan. Di depan ibu-ibu, seorang wanita duduk di muka untuk memberikan materi. Dia menerangkan secara panjang lebar tentang digital marketing.

Bagi para ibu tersebut, pandemi bukan berarti hanya menyepi di rumah tanpa kegiatan. Mereka tetap berada di rumah, namun bisa mendulang rupiah. Itulah yang dilakukan oleh komunitas tersebut. Mereka menggerakkan bisnis secara online. Berjualan produk perawatan kulit (skincare) dan perawatan tubuh (body care) MS Glow.

Dari awal hingga akhir, para ibu muda ini menyimak paparan dari narasumber. Tidak jarang, mereka bertanya ketika ada yang belum mengerti. “Saat pandemi, usaha yang kita lakukan tidak terdampak. Karena kita melakukannya secara online,” kata Dewi Ratnasari, salah satu ibu rumah tangga yang turut dalam bisnis skincare.

Dewi berkisah, awalnya selain jualan produk MS Glow, dirinya juga bisnis kuliner. Namun seiring munculnya pandemi Covid-19, bisnis kuliner yang ia kelola terpukul. Para pelanggan mulai sepi, hingga akhirnya bisnir kuliner itu gulung tikar.

Praktis, hanya bisnis online skincare yang masih kiat bertahan. Bahkan, omzet penjualan produk kosmetik tersebut meningkat tajam. “Awalnya, omzet per bulan kisaran Rp 100 juta. Kemudian meningkat Rp 150 juta, dan bulan ini tembus Rp 300 juta,” kata Dewi.

Dari bulan ke bulan, bisnis yang dilakoni DEwi menunjukkan prospek yang cerah. Omzet selalu meningkat. Pundi-pundi rupiah pun mengalir deras. “Bisnis ini bisa dijalankan secara online. Mulai dari pemesanan hingga pengantaran barang. Jadi bagi semua anggota komunitas, tidak perlu keluar rumah untuk menjalankannya,” sambung owner MS Glow Mojoagung yang berada Ruko Jetis atau utara Pasar Mojoagung ini.

Adalah Nova Pratika yang menjadi narasumber dalam pertemuan tersebut. Distributor MS Glow ini mengatakan bahwa kosmetik saat ini telah menjadi kebutuhan pokok. Bukan hanya untuk kaum hawa, namun juga para pria. Nah, pelaung itulah yang terus dimanfaatkan.

Makanya dalam forum tersebut Nova menularkan ilmu berbisnis yang dimilikinya. Salah satunya soal digital marketing. Selanjutnya, Nova berharap, seluruh komunitas maju secara bersama-sama. Karena bisnis tersebut memang tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri.

“Melalui pertemuan seperti ini, kami ingin bersama-sama mencari gagasan maupun terobosan dalam menjalankan bisnis. Karena memang dari awal, ini usaha yang harus dijalankan secara bersama-sama,” tandas wanita asal Pasuruan ini. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar