Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Beragam Phile yang Perlu Diketahui, Sebutan Bagi Rasa Cinta Terhadap Sesuatu

Shiromani kant/unsplash.com

Surabaya (beritajatim.com) – Jika beberapa orang memiliki ketakutan terhadap sesuatu atau disebut phobia, maka bagi kalian yang memiliki kecintaan terhadap sesuatu disebut dengan phile. Kegemaran ini tidak hanya terbatas pada seseorang, benda atau kegiatan, namun juga pada hal-hal yang mungkin dianggap aneh. Dalam bahasa Yunani, “philos” berarti mencintai, selain itu, digunakan juga akhiran “philia” dan “philic” untuk menyatakan suatu kecintaan. Hal tersebut merujuk pada perasaan suka, tertarik, dan mencintai sesuatu.

Jika kalian memiliki kecintaan pada sesuatu, mari kita cek bersama-sama beberapa “phile” di bawah ini. Mungkin kalian salah satunya.

 

Bibliophile

Kalian yang memiliki ketertarikan terhadap buku, senang membaca buku, bahkan memiliki koleksi buku segudang, bisa jadi kalian termasuk golongan bibliophile. Yap, bibliophile adalah sebutan bagi kalian yang memiliki kegemaran terhadap buku, entah buku apapun itu.

 

Cinephile

Jika di urutan pertama ada pecinta buku, maka cinephile adalah sebutan bagi kalian yang menyukai film. Tak hanya sekedar menonton, seorang cinephile akan menggemari hal-hal yang berhubungan dengan film, seperti bioskop, atau benda-benda yang juga berhubungan seperti tiket bioskop.

 

Autophile

Terdengar unik, namun autophile memang ada, yakni mereka yang lebih senang dalam kesendirian. Mereka akan nyaman dan merasa lebih tenang dengan diri sendiri dibanding berada dalam keramaian.

 

Pluviophile

Bagi kalian yang merasa nyaman saat hujan atau menunggu-nunggu waktu datangnya hujan, bisa jadi kalian adalah seorang pluviophile. Kalian yang mencintai hujan bisa memandang hujan lama-lama, merasakan ketenangan, ditambah dengan aroma petrichor yang khas.

 

Opacraphile

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan sebutan anak senja. Mereka yang gemar menikmati senja, entah itu sembari menyeduh kopi atau berbincang dengan teman, bisa disebut sebagai opacraphile. Senja dianggap sebagai suasana yang menenangkan serta membawa banyak memori.

 

Nyctophile

Beberapa diantara kalian mungkin akan merasa ketakutan saat harus tidur dalam gelap, namun ini tidak berlaku bagi mereka yang nyctophile. Mereka bisa bangun di tengah malam, dan dalam kegelapan mereka akan menikmati suasana yang terasa menenangkan. Daripada senja, mereka lebih merasakan kedamaian di malam hari yang sunyi.

 

Thallasophile

Ada orang yang lebih suka pergi berlibur ke gunung, ada juga yang suka berwisata ke pantai. Nah, bagi kalian yang sering berkunjung dan menghabiskan waktu di pantai, bisa jadi kalian adalah seorang thallasophile. Menikmati pemandangan laut dan deburan ombak bisa menjadi hal yang menenangkan bagi kalian.

Bagaimana? Apakah kalian termasuk dari salah satu “phile” di atas? [mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar