Gaya Hidup

Bengkel Muda Surabaya Malam Ini, Bincang Novel ‘Rainbow Cake’

Surabaya (beritajatim.com) – Minggu malam ini (12/1/2020), Bengkel Muda Surabaya kedatangan dua novelis Jakarta, Rayni N. Massardi dan Christyan AS. Keduanya telah berkolaborasi dalam penulisan novel ‘Rainbow Cake’ (diterbitkan oleh Gramedia) yang dirilis Juli 2020 lalu.

Respon publik atas novel ini ternyata sangat bagus. Penjualannya bahkan sempat masuk 10 buku terlaris dari jaringan toko buku Gramedia dan Paper Clip. “Novel ini cukup menarik perhatian, karena berkisah tentang seorang perempuan korban bullying atau perundungan yang kemudian berhasil membalaskan dendamnya,” ujar Amang Mawardi, koordinator acara.

Amang Mawardi menuturkan, karya fiksi yang ditulis dua pengarang dari dua generasi berbeda dan berlainan gender ini memang termasuk langka. “Tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Proses penulisannya pun cukup unik,” katanya.

Dipaparkannya, gagasan utama dituliskan Rayni pada 2018 hingga selesai, baru kemudian diserahkan kepada Christyan untuk ditambahkurangi dan dilengkapi sesuai imajinasi dan kreasinya sendiri. Setelah rampung mereka kemudian mendiskusikan, menyuntingulang dan saling melengkapi hingga mencapai bentuk final pada 2019.

Tugas Christyan tidak hanya menulis dan melengkapi teks, tapi juga membuat ilustrasi di setiap bab dan kemudian membuat rancangan sampulnya. Setelah disepakati mereka kemudian meminta Nanang Gani untuk membuat desain cover sebagaimana tampak hasilnya saat ini.

Kerjasama Rayni dengan Christyan tidak hanya baru kali ini. Sebelumnya, Rayni telah meminta Christyan untuk membuat ilustrasi dan gambar sampul kumpulan cerita pendek bergambar (graphics short stories) “Daun Itu Mati” (Prenada Media-2017). Dan kini mereka tengah menyiapkan cerita bergambar (graphic story) “Pocong Ketakutan.”

Bagi Rayni “Rainbow Cake” ini adalah karya fiksinya yang kesembilan, dan merupakan pengalaman pertamanya menulis sebuah karya dalam genre thriller. Sebelumnya, Rayni dikenal sebagai fashion styliste, dan pengarang cerita pendek dan sudah menerbitkan sejumlah buku kumpulan cerpen, serta menulis beberapa buku nonfiksi.

Acara yang diselenggarakan oleh Bengkel Muda Surabaya (BMS) ini digelar di Ruang Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya. [but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar