Gaya Hidup

Bendera Merah Putih 1.000 Meter Akan Berkibar di Puncak Gunung Penanggungan

Pengibaran bendera merah putih di Puncak Gunung Penanggungan saat peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun lalu. [doc]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pengibaran bendera merah putih sepanjang 1.000 meter di puncak Gunung Penanggungan akan dilakukan pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 tahun. Ekspedisi akan dilakukan melalui jalur Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Ketua Umum Team Stress Adventure (Tsaindonesia_offcial), Anam Budi Prasetyo mengatakan, rencana pengibaran bendera merah putih dengan panjang 1.000 meter akan dilakukan pada, Senin (17/8/2020) tepatnya pukul 06.00 WIB. “Sebelum dikibarkan, tim terlebih dahulu akan melakukan kirab bendera,” ungkapnya, Jumat (14/8/2020).

Nantinya, lanjut Anam, dalam proses pengibaran sang saka merah putih sepanjang 1.000 meter tersebut melibatkan banyak komunitas dan pendaki. Ini lantaran sebelum prosesi upacara dimulai, bendera merah putih sepanjang 1.000 meter diarak terlebih dahulu dari Puncak Bayangan hingga ke Puncak Pawitra.

“Untuk seremonial kita kirab bendera dari bayangan hingga ke puncak, sebelum nantinya akan kita kibarkan mengelilingi puncak pawitra. Ini merupakan tahun keenam, bendera merah putih sepanjang 1.000 meter dikibarkan Team Stress Adventure Indonesia bersama komunitas lain memperingati Hari Kemerdekaan RI di Gunung Penanggungan,” katanya.

Tujuannya tidak lain untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada para pendaki. Anam pun menghimbau, kepada para pendaki ataupun pencinta alam yang akan mengikuti upacara bendera merah putih di Puncak Pawitra diharapkan tetep mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Kita tetap akan disiplin protokol kesehatan dan menghimbau mereka yang akan mengikuti upacara tetap patuhi protokol kesehatan. Semua demi kesehatan dan keselamatan bersama,” tegasnya.

Gunung Penanggungan di Kabupaten Mojokerto sendiri disebut-sebut sebagai lokasi yang tepat bagi para pendaki pemula. Dengan ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga selalu menjadi jujukan para pecinta alam untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI. Sehingga bisa dipastikan saat peringatan Hari Kemerdekaan RI selalu ramai pendaki.

Sementara, jalur pendakian yang paling banyak dilalui para pendaki yakni Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Yakni jalur yang dikelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Lestari ini lebih aman dan cepat sehingga para pendaki pemula tak segan untuk menjajal rute menuju Puncak Penanggungan. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar