Gaya Hidup

Benda Peninggalan Nabi Muhammad SAW di Probolinggo Bikin Arumi Terkesan

Probolinggo (beritajatim.com) – Istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Arumi, menyaksikan sejumlah benda bersejarah peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat di Museum Rasulullah Kota Probolinggo, Selasa (3/11/2020) pagi.

Arumi, didampingi Aminah Hadi (istri Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin) tiba di museum di JL Suroyo Kota Probolinggo, sekitar pukul 10:30 Wib.

Satu per satu, benda-benda bersejarah disaksikan Arumi. Seorang pemandu wisata museum menjelaskan, di antara koleksi yang dipamerkan, ada batu ababil.

“Batu ini 6000 kali panas di bumi. Dalam sejarahnya, Allah menurunkan jutaan batu ini lewat burung dalam keadaan membara. Batu ini kemudian dihujankan ke bumi saat pasukan Abrahah, menyerang kakbah,” katanya, kepada Arumi Bachsin.

Sekadar diketahui, benda peninggalan dan artefak yang dipamerkan, berasal dari koleksi galeri Museum Artefak Rasulullah, milik Abdul Manan Gembong. Benda-benda dimaksud juga teruji kebenarannya dan bersertifikat Commission for Tourism and National Haritage Saudi Arabia.

Usai menyaksikan seluruh benda yang dipamerkan, Arumi mengaku terkesan dan takjub. “Saya berharap masyarakat tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Masyarakat harus menyaksikan,” katanya diamini, Aminah Hadi.

Pameran Artefak Rasulullah dan Para Sahabat merupakan bagian dari Program Jelajah Nusantara yang dibuka untuk kalangan terbatas dan tertutup.

Kunjungan ke pameran itu untuk sementara dikoordinatori oleh masing-masing kelurahan dan kecamatan, dengan cara mendaftar terlebih dahulu ke Bagian Kesra Setda Kota Probolinggo. Pengunjung yang datang dibatasi maksimal 30 orang yang dibagi ke dalam delapan sesi.

Keluar masuk ruang pameran diatur secara bergantian dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, demi menekan angka penyebaran virus corona. [eko/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar