Gaya Hidup

Belasan Komunitas di Surabaya Bagikan Daging Kurban ke Petugas KA dan Tukang Becak

17 komunitas di Surabaya saat menyalurkan 20 hewan kurban kepada mereka yang membutuhkan, dari tukang sapu, penjaga perlintasan kereta api, tukang becak, yatim piatu dan warga lainnya.

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 17 komunitas dari Bold Riders, Scooter LAnd, dan pecinta alam yang tergabung dalam Uprise Surabaya membagikan sebanyak 20 ekor kambing di berbagai daerah di Kota Pahlawan saat Hari Raya Idul Adha pada 20 Juli 2021.

Dari jumlah hewan kurban itu dibagi menjadi ratusan paket dan diberikan kepada pekerja jalanan serta masyarakat di sekitar komunitas berada.

Koordinator acara Richard Arthur mengatakan setiap komunitas memberikan daging kurban kepada warga yang membutuhkan, seperti petugas penjaga perlintasan kereta api (KA), kemudian tukang becak, serta masyarakat yang membutuhkan.

Sejumlah komunitas juga ada yang menyerahkan dalam bentuk kambing hidup di musala, masjid serta panti asuhan lalu komunitas ikut membagikan.

Untuk pembagian di pintu palang kereta api, paket hewan kurban diberikan kepada petugas penjaga perlintasan yang masih tetap bekerja meskipun hari raya. Lokasi perlintasan KA itu berada di daerah Asemrowo, Demak, Tambak Mayor, PBI kawasan GBT, Sememi dan titik lainnya.

“Tahun ini jumlah kambingnya juga lebih banyak, Bold Riders saja tahun kemarin hanya 7, sekarang untuk Bold Riders ada 15 kambing. Tahun ini komunitas yang terlibat ada dari scooter land, Bold Riders, kemudian pecinta alam,” jelasnya Selasa (27/7/2021).

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Sugoi Gresik, AVNC Surabaya, Bajingan Scooter, 815 Nusantara, Kombis Surabaya, CRF Owner, CBR Club Surabaya, IRC Surabaya, PSP MAX, YVCI Surabaya, Need Of Speed, GATSCOOT, Sahabat Pena. Kemudian ada juga Penikmat Kopi Ketinggian  Dagelan Adventure, Semanggi Alas, Pendaki Gunung Surabaya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’.

Program sosial ini melibatkan 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota. Namun dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang berasal dari berbagai hobi, profesi dan pekerjaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota

Kegiatan oleh Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan kepada masyarakat di 42 kota.

17 komunitas di Surabaya saat menyalurkan 20 hewan kurban kepada mereka yang membutuhkan, dari tukang sapu, penjaga perlintasan kereta api, tukang becak, yatim piatu dan warga lainnya.

Tebar paket daging kurban inisiatif Kolaborasi KITA 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program yang melibatkan berbagai komunitas top seperti Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya, Rekor MURI pertama adalah Donor Darah Oleh Komunitas Terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah Oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (*/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar