Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Begini Pesan Wagub Jatim Emil Dardak ke Bayu Skak

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menghadiri gala premier dan pemutaran film 'Lara Ati' bersama para pemeran dari film tersebut di Grand City Mall Surabaya, Kamis (8/9/2022).

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menghadiri gala premier dan pemutaran film ‘Lara Ati’ bersama para pemeran dari film tersebut di Grand City Mall Surabaya, Kamis (8/9/2022).

Film ini membawa semangat kedaerahan dan didominasi dukungan seniman lokal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Adapun Bayu Skak selalu sutradara dan pemeran utama dalam film ini hadir bersama pemeran lainnya seperti Cak Kartolo, Dono Pradana, Tatjana Saphira, Sahila Hisyam, Ciccio Manassero, Benedictus Siregar, Ning Tini, dan Indra Pramujito.


“Selamat untuk mas Bayu Skak, lulusan dari SMKN 4 Malang, salah satu sekolah unggulan animasi dan IT. Top banget jadi inspirasi untuk anak muda Jawa Timur. Teruslah berkarya dan menjadi inspirasi bagi anak muda kita di era ekonomi kreatif,” kata Emil.

Menurut Emil, sosok Bayu Skak memiliki sisi idealisme dan keberanian untuk membuat film yang memiliki unsur budaya lokal yang sangat kental. Hal ini tentu akan menjadi inspirasi bagi perfilman di Indonesia.

“Indonesia kaya akan ragam budaya dan dialek serta local culture yang bisa diangkat. Jadi, tidak akan habis inspirasi mau buat film di Indonesia termasuk di Jawa Timur,” jelasnya.

“Nah Mas Bayu Skak ini punya idealisme dan keberanian mengangkat budaya lokal, kultur lokal bisa laku di negeri sendiri, seneng ndelok sak Indonesia gelem nontok film boso Jowo (senang melihat orang se-Indonesia mau melihat film berbahasa Jawa),” imbuhnya.

Emil pun mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk dapat menyaksikan film Lara Ati ini karena merupakan karya dari salah satu putra kebanggaan Jawa Timur.

“Mewakili Pemprov Jatim, kami bangga, teruslah berkarya, apapun itu, naik turun jalan terus jangan pernah berhenti. Kami semua bangga dengan perjuangan dari Mas Bayu Skak. Mudah-mudahan ini akan terus berlanjut. Saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk dapat menyaksikan film ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Emil menyebut bahwa saat ini Pemprov Jatim telah berikhtiar membangun center animasi di KEK Singhasari untuk mensupport para animator-animator di Jawa Timur, khususnya Malang Raya. “Supaya anak-anak yang jago animasi itu bisa kayak punya ‘silicon valley’ nya animator di sana,” tuturnya.

Ia juga berharap bangkitnya kembali sektor perfilman di Indonesia dapat menjadi stimulus untuk perkembangan seniman dan konten kreator yang berasal dari Indonesia khususnya di Jawa Timur.

“Tentunya hal ini sangat baik untuk terus menciptakan ide-ide kreatif yang tidak hanya memberikan edukasi bagi masyarakat namun juga menjadi penjaga kebudayaan di masyarakat,” kata Emil.

Emil berharap agar event yang berlangsung dapat menjadi bukti nyata kebangkitan industri perfilman di Jawa Timur bersama para konten kreator muda .

“Semoga event yang berlangsung kali ini bisa memberi kontribusi positif bagi kemajuan Provinsi Jawa Timur dalam sektor industri film, tidak hanya dikancah nasional tapi juga merambah ke kancah Internasional,” tuturnya.

Sementara itu, Sutradara sekaligus pemeran utama dalam film ‘Lara Ati’, Bayu Skak mengatakan bahwa projek ini dibuat dengan percaya diri dan berani mengangkat unsur kedaerahan untuk disaksikan seluruh masyarakat se-Indonesia.

“Projek ini sangatlah ‘pede’ sekali untuk mengangkat unsur kedaerahan, hampir 90 persen menggunakan bahasa daerah yakni bahasa Jawa, dan ‘pede’ sekali ditayangkan di seluruh nasional,” ucap Bayu Skak.

Dirinya juga mengatakan bahwa penayangan film ini akan memberikan dampak yang luas layaknya seperti gerbong kereta, dimana ada promosi bagi produk khas daerah Jawa Timur di dalamnya.

“Karya kreatif upaya yang sangat efektif untuk menarik efek lainnya, seperti gerbong kereta, misalnya saya syuting di Surabaya, tentu ada promosi produk UMKM Surabaya disitu begitu juga daerah lainnya,” pungkasnya. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev