Gaya Hidup

Bedah Puisi dr Hendro Siswanggono Besok di Dekesda

Riadi Ngasiran (Foto Dok Pribadi)

Sidoarjo (beritajatim.com) – Komite Sastra Dewan Kesenian Sidoarjo (Dekesda) bakal menyelenggarakan bedah buku puisi, Selasa (19 Januari 2021) besok. Karya yang dibedah adalah buku puisi dr Hendro Siswanggono berjudul ‘Potret Seorang Anak Laki-laki yang Menitikkan Air Mata’ (terbitan Delima Pustaka, Sidoarjo, 2020).

Bedah buku puisi bakal menghadirkan narasumber dr Hendro Siswanggono sendiri dan budayawan sekaligus penulis Riadi Ngasiran. Ada pula pembacaan puisi oleh Haris Firismanda, Cindy Fitriani, Roby Gedhek, dan Kirana Kejora. Juga musikalisasi dari Duo Andik & Ezith (Andik Yulianto dan ‪Ezith Perdana Estafeta). Diskusi dipandu moderator Ribut Wijoto.

Riadi Ngasiran mencatat, puisi Hendro Siswanggono merupakan cerminan kepekaan melihat realitas. Kepekaan seorang penyair yang kerap kali melihat sesuatu yang berbeda dari penglihatan masyarakat umum.

“Puisi-puisi Hendro Siswanggono memberikan gambaran yang berbeda dari penglihatan umum terhadap persoalan dan pengalamannya, ke arah estetika yang dicapai karena pergulatan hidup sehari-hari secara intens. Namun intensitas di sini tidak berarti ia menggulatkan hidupnya pada pengabdian profesi sebagai jebakan rutinitas,” kata Riadi Ngasiran, Senin (18 Januari 2021).

Hendro Siswanggono sehari-hari berprofesi sebagai dokter. Menurut Riadi, rutinitas sebagai dokter ini tidak menghambat kerja kepenyairan. Justru sebaliknya, kepenyairan membawa Hendro Siswanggono melihat realitas secara lebih sublim dan mendalam.

“Justru dengan sajak-sajaknya yang khas seorang pejalan yang jauh, ia mencoba menggali mengalaman hidup, mempergulatkan, menggauli secara total, sehingga ia keluar dari jebakan rutinitas kerjanya,” tutur Riadi Ngasiran.

Sekadar diketahui, Hendro Siswanggono adalah salah satu penyair senior di Sidoarjo. Dia lahir di Sidoarjo, tanggal 19 Oktober 1951. Puisi-puisinya dimuat dalam ‘Antologi Puisi 25 Penyair Surabaya’ (1975) dan ‘Tonggak 5’ (1987), Dari Negeri Poci (2014). Puisinya juga termuat di majalah Basis, Horison, Budaya Jaya, Sinar Harapan, dan lain sebagainya.

Acara bedah buku puisi ini diselenggarakan Dewan Kesenian Sidoarjo (Dekesda) bekerja sama dengan penerbit Tan Kali Sidoarjo. Digelar besok, Selasa (19 Januari 2021) di Aula Sekretariat Dekesda, pukul 14.00 – 16.00 WIB. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar