Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Beberapa Keistimewaan yang Dimiliki Seorang Introvert

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Introvert mungkin jadi istilah yang tidak asing di kehidupan sehari-hari. Istilah introvert pertama kali dipopulerkan dengan nama introversi oleh Carl Jung yang menunjukkan orientasi ke dalam diri untuk kehidupan mental seseorang. Introversi berbeda dengan ekstroversi yang berorientasi ke luar dan ke kehidupan sosial.

Seorang yang introvert mendapatkan energi dari refleksi dan kehilangan energi dalam pertemuan sosial. Introvert merupakan gaya seseorang yang ditandai dengan pilihan kehidupan pikiran dan batin. Berbeda dengan ekstrovert, introvert menikmati pengalaman yang tenang dan menyendiri.

Ada pula golongan kepribadian seseorang yang justru tidak murni tergolong introvert atau ekstrovert, tapi menampilkan berbagai ciri dari keduanya. Kepribadian inilah yang kemudian disebut dengan ambivert.

Memang, hampir semua orang membutuhkan waktu sendiri. Hal itu biasa dilakukan sesekali guna mengisi kembali energi, melakukan koreksi dan refleksi diri. Seorang introvert tidak perlu merasa dirinya kurang dari ekstrovert. Begitupun sebaliknya seorang ekstrovert tidak berarti lebih buruk dari introvert.

Perlu disadari jika setiap ciri ataupun sifat kepribadian yang melekat pada diri seseorang memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Berikut ini beberapa keuntungan menjadi seorang introvert.

Pertama, introvert memilih untuk menikmati percakapan yang dalam dan penuh makna. Ini membuat seorang introvert begitu selaras dengan orang-orang yang terlibat dalam hidupnya.

Introvert memang dikenal dengan seseorang yang irit dalam bicara. Tapi tidak akan segan banyak melakukan pembicaraan saat berjumpa dengan seseorang yang cocok dengannya.

Kedua, penelitian menemukan jika seorang introvert itu lebih unggul dalam tugas-tugas yang membutuhkan perhatian khusus dan tidak terputus. Tugas yang dilakukan secara berkelanjutan dengan kebutuhan konsistensi tinggi begitu pas dengan kepribadian introvert. Misalnya seperti kegiatan menulis, kegiatan akademik, atau seorang administrator perkantoran.

Ketiga, penelitian lain juga menjelaskan jika sifat kepribadian introvert berharga

untuk kreativitas, terutama dalam seni dan sains. Karena kreativitas membutuhkan proses introspeksi yang didedikasikan dengan menghabiskan waktu untuk lebih banyak sendirian. Bagi seorang introvert menyendiri itu adalah kegiatan yang menyenangkan, bukan lagi kegiatan selingan yang dibutuhkan sewaktu-waktu. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar