Gaya Hidup

Banyaknya Manfaat Yoga, Mulai dari Memperbaiki Kesehatan Mental Hingga Membuat Awet Muda

Elina Fairytale, pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Yoga, banyak dikenal orang sebagai olahraga meditasi, di mana fokus untuk kesehatan mental dan menjernihkan pikiran. Hal itu memang tidak salah, namun rupanya, banyak juga manfaat Yoga untuk kesehatan fisik. Semenjak pandemi, kampanye untuk melakukan olahraga satu ini memang lebih ramai. Selain untuk menenangkan pikiran akibat bosan di rumah, Yoga juga merupakan olahraga yang bisa dilakukan di manapun. Hanya dengan melalui instruksi yang bisa kita lihat di berbagai platform, kita bisa melakukan Yoga sendiri di rumah.

Latihan Yoga biasanya melatih pernapasan, meditasi, dan beberapa pose yang bisa membuat seseorang merasa lebih relaks. Manfat yang didapat oleh tubuh pun berasal dari kombinasi olah fisik dan mental yang dilakukan selama Yoga. Berikut ini adalah beberapa manfaat Yoga untuk kesehatan yang tak patut dilewatkan.

Menenangkan pikiran

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Yoga memang ampuh dalam meredakan stress. Tubuh yang tenang bisa mengurangi rasa gelisah dan berujung pada suasana hati yang membaik. Studi pun menunjukkan bahwa Yoga mengurangi hormon stress, terutama kortisol.

Melancarkan aliran darah

Gerakan-gerakan Yoga akan membantu sistem pernapasan menjadi lancar yang berpengaruh juga pada sistem peredaran darah. Ini sangat baik untuk metabolism tubuh menjadi lebih baik dan terhindar dari penyakit. Aliran darah akan bekerja maksimal tanpa membebani pekerjaan jantung.

Nyeri punggung

Siapa yang sering merasakan rasa nyeri di punggung akibat terlalu lama duduk saat bekerja atau sekolah? Yoga bisa menjadi solusinya. Ini karena gerakan peregangan tubuh pada Yoga yang rata-rata bertumpu pada otot tangan, kaki, perut dan punggung. Gerakan tersebut bisa membuat otot lebih lentur dan meredakan rasa nyeri atau pegal di punggung. Selain itu, Yoga juga dapat memperbaiki postur tubuh, menambah kekuatan tubuh, sehingga tubuh akan lebih bugar dan segar.

Tidur lebih nyenyak

Bagi kalian yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, mungkin bisa mencoba untuk rutin melakukan Yoga. Ketika melakukan olahaga ini, otot-otot kaku akan meregang, tubuh menjadi rileks, serta pikiran yang tenang. Hal ini diperlukan untuk kualitas tidur yang baik, karena tubuh akan menjadi lebih maksimal saat beristirahat.

Awet muda

Beberapa gerakan Yoga ternyata menunjukkan pengaruh pada kulit wajah. Ada pose-pose yang akan membuat otot wajah mengalami sensasi dari gravitasi sehingga tidak mudah mengendur. Selain itu, kombinasi olah fisik dan meditasi ini juga berguna untuk usia sel dalam tubuh menjadi lebih panjang bahkan melakukan regenerasi yang lebih cepat. Inilah rupanya yang menjadi rahasia awet muda pada beberapa orang.

Nah bagaimana? Selain mudah dilakukan, Yoga juga memberi banyak manfaat kan. Jadi tunggu apalagi, sempatkanlaj waktu kalian untuk menyehatkan tubuh.[mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar