Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Banyak Digemari Wanita, Ini Segudang Manfaat Pilates Bagi Kesehatan

Marta, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Pilates merupakan olahraga yang dapat menguatkan tubuh sekaligus meningkatkan fleksibilitas. Namun ternyata banyak manfaat lain jika Anda sering melakukan pilates, khususnya bagi Anda para wanita. Apa saja?

 

Meningkatkan kepadatan tulang

Pilates juga dilaporkan dapat memberikan manfaat untuk kepadatan tulang. “Tulang, seperti otot, merespons latihan resistensi dan menahan beban,” kata Elizabeth Ordway, instruktur Pilates dan pendiri Movement Studio LA, seperti dilansir dari Live Strong, Selasa (12/10/2021). “Latihan ini juga melibatkan otot yang menarik tulang untuk menciptakan ketegangan, yang memperkuat tulang.” Dalam kasus Pilates, perlawanan berasal dari pegas reformer dan cincin pilates.

 

Membakar kalori

Menurut penelitian dari IDEA Health and Fitness Association, Anda dapat membakar empat kalori per menit di kelas Pilates pemula, enam kalori per menit di kelas menengah dan 7,5 kalori per menit di kelas lanjutan. Namun perlu digaris bawahi, bahwa pembakaran kalori yang tepat tergantung pada berat badan, tingkat kebugaran, dan intensitas pilates Anda.

 

Meredakan sakit punggung

“Pilates memperkuat inti untuk menopang punggung, mengajarkan keselarasan yang tepat dan memberikan peregangan lembut untuk otot punggung yang kencang,” kata Ordway. Poin plusnya pilates juga dapat mengatasi ketidakseimbangan mendasar yang sering menyebabkan postur tubuh yang buruk dan sakit punggung. Lakukan latihan pilates secara khusus untuk penguatan tulang belakang termasuk roll-up dan swan prep, kata Ordway.

 

Memperkuat inti tubuh

Menguatkan inti adalah bagian utama dari setiap kelas Pilates. “Pilates adalah latihan seluruh tubuh, tetapi difokuskan pada otot-otot batang tubuh dan pinggul,” kata Gordon. Pilates memperkuat otot perut Anda, termasuk obliques, jauh lebih efektif daripada crunch sederhana. “Pilates didasarkan pada kontraksi otot perut Anda secara efisien dengan setiap latihan,” kata Christa Gurka, pendiri Pilates di Grove di Miami, Florida.

 

Meningkatkan fleksibilitas

Kebanyakan latihan melibatkan gerakan hanya dalam satu bidang gerak. Dan biasanya, itu adalah gerakan maju-mundur (seperti dalam crunch). Pilates membutuhkan gerakan di beberapa bidang, kata Gurka. “Sesi pilates menggerakkan tulang belakang dari fleksi ke ekstensi, rotasi internal ke rotasi eksternal dan menekuk ke samping, meningkatkan rentang gerak di seluruh tubuh Anda.” Bekerja dalam bidang gerak tambahan ini meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi risiko cedera, kata Gurka. [rsf/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar