Gaya Hidup

Bangkalan Gelar Tradisi Rokat Tasek di Tengah Pandemi Covid-19

Warga menaiki perahu saat tradisi Rokat Tasek.

Bangkalan (beritajatim.com) – Di tengah mewabahnya Covid-19, masyarakat di Kabupaten Bangkalan tetap menggelar tradisi Rokat Tasek.

Pantauan di lokasi, banyak warga berdatangan untuk melihat tradisi Rokat Tasek dan banyak pula yang ikut masuk ke dalam perahu guna melarung sesaji ke tengah laut. Yang bikin miris, mayoritas warga yang mengikuti tradisi tersebut berkerumun dan tidak menggunakan masker.

“Ritual ini dilakukan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas melimpahnya hasil laut, namun kali ini saya hanya melihat dari jauh karena harus jaga jarak di tengah pandemi,” ucap Rudi salah satu warga Kamal, Minggu (31/5/2020).

Sementara itu, Kasatpolairud Polres Bangkalan, AKP Ludwi Yarsa Pramono mengatakan pihaknya telah melakukan imbauan pada seluruh nelayan agar melakukan protokol kesehatan, namun sayang hal tersebut tak diindahkan.

“Sudah kita lakukan imbauan pada seluruh nelayan dan juga masyarakat pesisir agar memperhatikan protokol kesehatan, sebab di masa pandemi ini penyebaran Covid-19 sangat cepat dan sulit terdeteksi,” terangnya.

Meski imbauan tersebut tak diindahkan, pihaknya tetap melakukan pengawalan dengan menerjunkan 8 personil dalam satu kapal patroli. Pihaknya juga terus mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar