Gaya Hidup

Atasi Kelelahan Mental Di Masa Pandemi dengan Yoga

Andreap Piacquadio, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Perkembangan peradaban dan cepatnya transformasi arus informasi membuat manusia zaman sekarang lebih mudah terserang penyakit mental, entah karena merasa dunia ini berputar terlalu cepat atau manusia itu sendiri yang lambat untuk mengikuti perkembangan dunia, yang terpenting manusia butuh sesuatu yang menenangkan. Berbagai cara mulai dicoba, ada yang memilih mencari ketenangan dengan agama, atau bahkan foya-foya di club setiap malam, atau bahkan memilih meditasi ala Yoga, untuk mendapatkan ketenangan diri dan kesehatan.

Yoga sendiri, dilansir dari Historia Yoga berasal dari kata yuj, dalam bahasa sanksekerta berarti cara menyatukan diri.yoga merupakan disiplin fisik, lambang spiritual kuno, serta cabang filsafat yang berasal dari India dan sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu. Cara kerja Yoga yang mempunyai fokus pada asana (postur), konsentrasi terfokus pada bagian-bagian tubuh tertentu, dan pranayama (teknik pernapasan) untuk mengintegrasikan tubuh dengan pikiran dan pikiran dengan jiwa.

Tubuh, Ada ribuan pose yoga, dan dalam bahasa sanksekerta pose ini disebut dengan kriyas (tindakan), mudra (segel), dan bandhas (kunci). Sebuah kriya berfokus pada upaya untuk memindahkan energi atas dan ke bawah tulang belakang. Yoga mudra adalah sikap atau gerakan untuk menahan energi, atau berkonsentrasi penuh kesadaran.

Sedangkan bandha menggunakan teknik menahan kontraksi otot untuk fokus pada kesadaran. Dengan bantuan metode-metode dari para ahli dan juga bisa dilakukan di sekolah-sekolah meditasi Yoga yang sudah cukup banyak di Dunia dan Indonesia khususnya.

Pada masa pandemi dan ketidakpastian seperti saat ini, manusia dihadapakan pada ketakutan perihal ekonomi atau kesehatan, atau bahkan banyak diantara kita mengalami ketakutan pada dua hal itu, sehingga menimbulkan stress yang berkepanjangan, dengan mendunianya Yoga dan bisa juga dilakukan di rumah, tentunya dengan meditasi ala Yoga bisa membuat diri kita lebih tenang dan jernih melihat masalah-masalah yang ada saat pandemi ini. [dep/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar