Gaya Hidup

Apa Itu Phubbing, dan Cara Menghentikannya

(foto: Eric Lucatero, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Phubbing merupakan kebiasaan seseorang yang mengalami kecanduan parah pada gawai. Phubbing ini dapat berdampak serius pada relasi kalian dengan orang lain. Istilah Phubbing kali perdana disebutkan pada bulan Mei tahun 2012. Sebuah biro iklan Australia menciptakan kata ini untuk menggambarkan fenomena orang-orang yang mengabaikan teman dan keluarga yang ada di depan mereka dan sibuk memakai gawai.

Usai kemunculan istilah Phubbing hadir pula kampanye Stop Phubbing. Perilaku mengabaikan teman demi melihat gawai bisa dikenali dari beberapa tanda. Salah satunya, kamu melakukan dua percakapan sekaligus, di ponsel dan secara langsung. Tanda lainnya, kalian segera mengeluarkan ponsel saat makan malam atau interaksi sosial lainnya. Perilaku miris itu, kini banyak dirasakan seiring banyaknya produksi smartphone dengan segala macam kecanggihannya. Berikut ini beberapa tips agar kalian bisa menghentikan kebiasaan phubbing.

Jadikan aktivitas makan sebagai zona larangan menggunakan ponsel

Makan itu perlu dinikmati dengan penuh rasa. Apalagi kalian sedang makan dengan orang terdekat, atau bahkan pasangan, sebisa mungkin letakkan ponsel itu. Jika memang sangat dibutuhkan bermain ponsel, usahakan untuk izin pada yang seseorang yang tengah bersama kalian.

Ketika berinteraksi dengan orang sekitar, letakkan ponsel di saku, laci meja, ataupun dalam tas.

Saat melakukan interaksi langsung, jangan lakukan multitasking (dua aktivitas sekaligus dalam sekali waktu). Sebaiknya simpan ponsel kalian ketika berinteraksi dengan orang sekitar.

Jadikan sebagai tantangan

Agar hal yang kalian coba hindarkan ini lebih maksimal, coba beri effort pada diri sendiri saat berhasil mewujudkannya. Saat kalian berhasil mengabaikan ponsel ketika berinteraksi atau maka, artikan itu sebagai keberhasilan kecil untuk diri sendiri.

Membalik ponsel

Perlakuan membalik ponsel ini berarti menunjukkan rasa hormat yang tinggi. Utamanya, saat berada di situasi penting lalu fokus pada orang yang tengah kalian hadapi untuk melakukan interaksi tatap muka.

Jika kalian dapat meninggalkan Phubbing sebagai kebiasaan dampak positif pun bisa banyak terasa. Seperti bisa berpikir positif lebih banyak, fokus pada apa yang hendak dikerjakan, juga bisa lebih menghargai orang lain. (dan/tur)



Apa Reaksi Anda?

Komentar