Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Aneh dan Unik, Beberapa Tradisi Ini Masih Hidup Hingga Sekarang

(Foto: Ujwal Hollica, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Di berbagai belahan dunia, kalian akan menjumpai bermacam tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun. Bahkan, meski terbilang aneh bagi beberapa orang, tradisi tersebut masih terus dilakukan hingga zaman modern seperti ini.

Setiap tradisi memiliki keunikan masing-masing, yang mana menjadi ciri khas dari sebuah masyarakat. Tradisi unik ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Nah berikut ini adalah beberapa tradisi unik dari beberapa negara yang perlu kalian ketahui.

1. Menari bersama mayat

Di daerah Madagaskar, ada sebuah tradisi yang unik sekaligus bisa membuat kalian bergidik ngeri. Masyarakat di sana secara turun temurun melakukan sebuah ritual bernama Famadihana atau menari bersama mayat. Ritual ini dilakukan pada bulan Juni hingga September. Tak hanya menari, mereka juga mengganti kain dan selikut dari orang mati tersebut.

2. Memotong rambut sekali seumur hidup

Di sebuah desa di China, ada banyak sekali wanita yang terkenal memiliki rambut terpanjang di dunia. Tepatnya berada di desa Huangluo Red Yao. Jika dalam keseharian mereka membungkus rambut dengan kerudung, namun dalam beberapa festival atau acara tahunan, wanita-wanita ini membiarkan rambut mereka tergerai.

Bahkan panjang rambut mereka bisa mencapai 3,3 kaki. Kepercayaan di desa Yao mengatakan bahwa rambut yang panjang juga bisa memperpanjang umur. Mereka hanya akan memotong rambut satu kali dalam seumur hidup, yaitu saat berumur 18 tahun di mana dianggap sebagai peralihan dari gadis menuju siap menikah.

3. Melempar gigi

Tradisi ini mungkin terdengar familiar di negara kita. Di mana para orang tua melemparkan gigi anak yang tanggal ke atas atap. Hal ini ternyata juga berlaku di Yunani. Dengan membuang gigi yang copot, mereka berharap bahwa gigi dewasa mereka akan tumbuh dengan kuat dan sehat.

4. Menajamkan gigi

Tradisi unik yang satu ini, terjadi di Indonesia sendiri. Tepatnya di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Ritual ini harus dilakukan bagi mereka yang telah melewati usia akhil baligh. Agar telihat lebih cantik, para perempuan harus menajamkan giginya, yakni dilakukan menggunakan cara tradisional dengan pahat atau batu tanpa bius. Terdengar ngilu memang. Mereka juga mengukir tubuh dengan tato sebagai simbol kebahagiaan dan panjang umur.

5. Memanjangkan leher

Salah satu suku di Thailand, memiliki standar kecantikan sendiri. Masyarakat dari Suku Karen ini percaya bahwa semakin panjang lehernya maka penampilannya akan semakin cantik pula. Mereka menggunakan banyak cincin kuningan di lehernya, semakin panjang akan terlihat kian terpandang.

Diantara berbagai tradisi di atas, adakah yang membuat kalian tertarik dan ingin melihatnya langsung? [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar