Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Anak Mengalami Demam, Cara Tepat Untuk Mengatasinya!

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Surabaya (beritajatim.com) Kita perlu memahami jika demam bukanlah penyakit, namun proses penyesuaian tubuh yang memang perlu diatasi. Meskipun terdengar sepele tapi demam menjadi sesuatu yang diperhatikan penyembuhannya. Selain itu, demam memang membuat anak merasa kurang nyaman. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan demam:

 

Lakukan Sesuatu Yang Menciptakan Rasa Nyaman Pada Anak

Perasaan nyaman akan membantu anak lebih tenang, Kita bisa melakukan dengan memberikan pakaian yang ringan atau menutupi tubuh menggunakan sprei atau selimut tipis. Faktanya, ketika kita mengenakan anak pakaian atau selimut tebal membantu untuk mencegah panas tubuh keluar sehingga menyebabkan suhu terus naik. Hal in akan membantu kamar tidur anak menciptakan suhu yang nyaman sehingga tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Jaga Kesehatan Dengan Memberikan Makanan dan Minuman Sehat

Memberikan asupan gizi yang tepat pada tubuh akan membantu anak tidak mudah terkena gangguan kesehatan seperti demam dan membantu mencegah dehidrasi. Namun kita perlu menghindari minuman yang berkafein, termasuk cola dan teh. Alasannya minuman itu akan memperburuk dehidrasi dengan memperbanyak buang air kecil.

Redakan dengan Kompres yang Tepat untuk Anak Demam
Seringkali kita mempertanyakan sebenarnya lebih baik kompres panas atau dingin saat anak demam? Sebenarnya, lebih baik kita menggunakan kompres hangat. Kita bisa menggunakan kompres hangat yang diletakkan di dahi, lipatan ketiak, maupun dada.
Maka ketika kompres es batu itu bukanlah hal yang tepat untuk meredakan demam. Namun, kita harus lebih berhati-hati dengan tidak menggunakan air yang terlalu panas supaya tidak berisiko membakar kulit.

Cara mengompres yang tepat adalah mulai dengan menyiapkan kain lembut dan baskom berisi air hangat. Ingat kita perlu menggunakan air yang tidak terlalu panas cukup mendidih. Setelah itu, rendam kain dengan air hangat untuk dijadikan kompres. Kemudian, kita bisa menempelkan di bagian tubuh yang diinginkan hingga suhunya turun.

Selain itu, ketika seseorang sedang demam tinggi, maka kain kompres panas bisa membantu dengan cepat berubah karena kontak langsung dengan kulit. Kita mengompres anak secara terus-menerus dan merendam kain pada air panas. Kemudian tempelkan di bagian tubuh namun jangan hanya berfokus di dahi. Ketika air sudah dingin, lebih baik ganti dengan air hangat. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar