Gaya Hidup

Aksi Tanam 500 Bibit, REPELIKA Hijaukan Tahura R Soerjo

Relawan Peduli Lingkungan (REPELIKA) melakukan penanaman pohon di Tahura R Soerjo. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Aksi penanaman pohon sebanyak 500 bibit berbagai jenis pohon dilakukan puluhan Relawan Peduli Lingkungan (REPELIKA) di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo. Ini menyusul bencana banjir dan longsor yang terjadi di wilayah Mojokerto.

Koordinator aksi, Achmad Lukman Hakim mengatakan, kali ini sebanyak 125 relawan melakukan aksi penanaman pohon di Tahura R Soerjo. “Ada sebanyak 500 bibit berbagai jenis pohon seperti jambu, angkasia dan nangka ditanam di sekitar Sumber Lak Cemoro,” ungkapnya, Senin (2/3/2020).

Masih kata Lukman, dengan mengusung tema “Tak kan berhenti berjuang sebelum hijau bumi terbentang, tak kan berhenti melangkah sebelum senyum bumi merekah”, aksi penanaman pohon tersebut dilakukan selama dua hari. Yakni tanggal 29 Februari dan 1 Maret 2020.

“Aksi ini untuk meminimalisir terjadinya bencana di masa yang akan datang. Ada 125 relawan yang terlibat kemarin, secara bergotong-royong para relawan membawa bibit dari Desa Claket di Kecamatan Pacet menuju lokasi penanaman yang berjarak 1 jam dengan berjalan kaki,” katanya.

Proses penanaman sendiri berlangsung dalam waktu dua jam dan sempet diguyur gerimis. Namun, lanjut Lukman, hal tersebut tidak mengurangi semangat relawan. Para relawan tersebut datang dari berbagai kalangan, mulai dari siswa SMA, mahasiswa, pecinta alam hingga terlihat beberapa anak yang mengikutinya.

“Aksi ini juga bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar penggiat alam bebas di kawasan Mojokerto serta menumbuhkan kepedulian terhadap alam sejak dini bagi relawan yang belia. Diharapkan nantinya generasi peduli lingkungan di kawasan di Mojokerto tidak akan habis dan malah tumbuh berkembang,” ujarnya.

Lukman menambahkan, nantinya setelah aksi penanaman pohon tersebut akan dilakukan kegiatan lanjutan. Yakni berupa perawatan tanaman yang sudah ditanam di Tahura R Soerjo setiap seminggu sekali hingga bibit bisa hidup mandiri. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar