Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Akhirnya, Bioskop Rencana Kembali Dibuka 14 September 2021

Cottonbro, pexels

Surabaya (beritajatim.com) Kabar baik untuk para penonton film mengenai rencana pembukaan bioskop pada tanggal 14 September 2021. Informasi ini diberikan oleh Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin.

Mereka sudah menyiapkan beberapa hal untuk pembukaan bioskop seperti persiapan penerapan protokol kesehatan di dalam ruangan bioskop, film- film yang ditayangkan. Bukan hanya itu, mereka juga mempertimbangkan pemenuhan regulasi terhadap pengawasan dalam penyediaan medium barcode dengan aplikasi PeduliLindungi.

Meskipun membutuhkan banyak persiapan dari penyelenggara, film, dan ruangan, Tapi yang paling diperhatikan adalah protokol dan regulasi yang sesuai. Maka dari itu, bersama dengan pemerintah dengan bantuan aplikasi PeduliLindungi mulai disusun mengenai persyaratannya dengan QR code.

Persiapan pembukaan bioskop sudah dilakukan selama beberapa pekan untuk memastikan seluruh elemen pendukung dapat berjalan dengan baik serta mengikuti ketentuan dari Pemerintah Pusat.

GPBSI berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) supaya memastikan persiapan industri film di bioskop kembali berjalan dengan baik setelah menurunnya level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada kawasan di Indonesia. Selain itu, tidak hanya dari Kemendagri, ada ahli dari Kementerian yang memastikan pemberlakuan sistem dengan PeduliLindungi dapat berjalan maksimal di bioskop.

Maka dari itu, ada beberapa protokol kesehatan yang disiapkan untuk bisa bioskop dibuka seperti kapasitas ruangan hanya diperbolehkan menampung penonton sebanyak 50 persen, ,kegiatan makan dan minum belum diizinkan dan adanya jarak antar penonton yang perlu diterapkan dengan tegas.

Bukan hanya itu, pengunjung yang datang ke bioskop wajib membuktikan dirinya sudah divaksin. Maka dari itu, pengunjung perlu memiliki aplikasi Peduli Lindungi sebagai bukti dari aplikasi itu riwayat mobilisasi pengunjung telah terdaftar secara digital di aplikasi.

Namun, sebenarnya pemutusan mengenai pembukaan bioskop masih di tahap pembahasan pada tingkat kementerian. Pembukaan bioskop baru dimulai dari Ibu Kota Jakarta, kemudian perlahan bioskop- bioskop di daerah bisa ikut membuka layanannya. Memang belum pasti, tapi kemungkinannya ada 75% jika itu terjadi. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar