Gaya Hidup

Air Terjun Dollo dan Ironggolo, Destinasi Wisata Alam Andalan Kabupaten Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Air terjun memang menjadi salah satu pilihan sebagai tempat untuk menenangkan badan dan pikiran. Suasana sejuk, hawa yang dingin, serta pemandangan yang indah di sekitar pun cocok untuk diabadikan dalam kamera. Salah satu air terjun yang menjadi obyek wisata di Kabupaten Kediri adalah Air Terjun Dollo.

Lokasinya ada di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Di lereng Gunung Wilis sebelah timur ini ada dua air terjun yang terkenal akan keeksotisan alamnya. Lokasinya pun berdekatan dan bisa jadi alternatif wisata alam jika kebetulan di Bumi Panji Kediri.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, menjelaskan dua destinasi wisata tersebut yakni air terjun Irenggolo dan Dholo. Lokasinya berdekatan, sayang bila tidak didatangi keduanya.

“Di air terjun Dholo, ratusan anak tangga akan siap menyambut Anda saat menuju air terjun. Berdasar penuturan pedagang setempat ada sekitar 1093 anak tangga. Memang perlu fisik prima dan perjuangan ekstra untuk menikmati keindahan dan kesegaran air yang terjun dari tebing setinggi 125 meter ini,” ujarnya.

Suasana perjalanan menuju lokasi begitu indah dan asri. Bila beruntung, akan menemui kawanan kera dan berbagai jenis burung yang menandakan masih alaminya lingkungan disana. Sesampainya di lokasi tepi bibir air terjun, traveler bisa menikmati segar dan dinginnya air terjun.

Banyak spot foto menarik di sini. Arealnya pun luas sehingga Anda tidak khawatir berdesakan dengan pengunjung lain. Area spot foto favorit adalah di area paling bawah yang dilengkapi jembatan kayu. Dari posisi ini bila diabadikan kamera, air terjun Dholo akan tampak berundak-undak.

Sementara untuk air terjun Irenggolo memang tak terlalu tinggi. Berita baiknya, anak tangga menuju lokasi juga tidak terlalu banyak. Semua pengunjung dirasa pasti bisa melewati anak tangga hingga ke air terjun.

Di tepi bibir kolam air terjun, traveler dapat menikmati sensasi diguyur terjangan air tepat di bawah kucuran air terjun. Dijamin rasa penat di kepala akan hilang dan berganti dengan kesegaran yang tak akan bisa terlupakan. So cold and fresh.

Bila Anda masih liburan atau lebaran di Kabupaten Kediri, dua destinasi ini wajib anda coba. Tiket masuknya murah, karena memasuki dua lokasi ini hanya membayar tiket Rp. 7.000,- per orang, sudah termasuk tiket parkir kendaraan. [adv kominfo/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar