Gaya Hidup

Ada Reptil Raksasa Gegerkan Mall Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Pengunjung mall di Kota Gresik dikagetkan dengan adanya reptil raksasa yang masuk ke mall. Keberadaan reptil tersebut, bukan memangsa orang melainkan dipamerkan dalam event ‘Gresik Cat and Reptile Supershow 2020’.

Event ini mampu menyedot animo masyarakat untuk datang dan menyaksikan berbagai jenis kucing dan reptil peliharaan.

Total ada 500 peserta mengikuti ajang ini. Para peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia anntar lain Bandung, Jakarta, Jogja, Malang, Banyuwangi, Surabaya, Jombang dan Probolinggo.

Ketua Pelaksana Gresik Cat and Reptile Supershow 2020, Angga Adi Perdana mengaku tidak menyangka animo peserta maupun masyarakat cukup besar pada event yang digelar. Bahkan, pihaknya sampai menolak 50 calon peserta yang mendaftarkan diri pada event ini akibat tempat yang terbatas.

“Sebelumnya memang pernah ada event serupa tapi kemasannya berbeda. Nah kami melihat pecinta kucing dan iguana di Gresik ini cukup besar, dari situ kami berfikiran kenapa tidak membuat event bersama,” ujarnya, Minggu (13/12/2020).

Adapun untuk reptile supershow kelas perlombaan antara lain kategori Iguana sesuai warna dan ukuran, kategori biawak (Salvator) serta kategori reptile berukuran jumbo. Sedangkan untuk event cat supershow kategori lomba diantara Bengal, Mainecoon, Otherbreed, Persia, Brain Short Hair, Exo, Housecat dan special class.

“Aspek penilaian cat dan reptil terbilang sama selain hewan harus sehat dan terawat. Sedangkan untuk kucing, diharuskan juga cekatan, lincah dan tanggap,” imbuh Angga.

Pembina Bengal Reptile Gresik Brotherhood, M. Prisdianto mengaku bangga dengan antusiasme peserta dan masyarakat. Menurutnya event yang digelar bisa menjadi motivasi bagi para pemilik untuk merawat hewannya lebih ekstra.

“Selama pandemi Covid-19 tidak banyak pihak yang bisa membuat event seperti ini. Sehingga, kadang-kadang para pecinta hewan memberikan perawatan pada umumnya. Beda lagi jika ada event mereka lasti akan semakin terpacu memberikan perawatan agar hewan yang dimiliki bisa jadi juara,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gresik, Agustin Halomoan Sinaga berharap event Gresik Cat and Reptile Supershow 2020 harus dijadikan agenda rutin tahunan. Selain berpotensi menarik wisatawan juga dapat menambah penghasilan asli daerah (PAD) karena hotel penuh dipesan.

“Event ini tidak hanya dapat membangun silaturahmi antar sesama pecinta hewan saja. Lebih dari itu dapat mendorong PAD karena banyak kamar hotel dipesan oleh peserta dari luar daerah. Untuk itu kami dukung agar menjadi agenda rutin,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar