Gaya Hidup

Ada Kasat Resnarkoba Jombang Dibalik Nyanyian Cak Sodiq

Cak Sodiq bersama OM New Monata saat tampil di Lapangan Untung Surapati Jombang

Jombang (beritajatim.com) – Siapa yang tak kenal dengan pedangdut Sodiq atau yang akrab disapa Cak Sodiq Monata. Lagu-lagu pria berambut gimbal ini akrab di kalangan anak kecil hingga orang dewasa. Suaranya khas, selaras dengan tampilannya.

Namun saat pentas di Lapangan Untung Suropati Tambakberas Jombang beberapa waktu lalu, Cak Sodiq tampil beda. Pria asal Pasuruan ini menyuguhkan lagu baru. Fans berat Cak Sodiq pun dibuat penasaran. Karena lagu dengan judul Bertaubat itu tak pernah dinyanyikan dalam pementasan Cak Sodiq sebelumnya.

Cara membawakannya juga beda. Sembari mendendangkan lagu, Cak Sodiq menyimak layar smartphone miliknya, pertanda dirinya belum hafal seratus persen syair lagu itu. Meski begitu, penonton yang memadati Lapangan Untung Suropati tetap larut dengan nyanyian Cak Sodiq. Mereka asyik bergoyang seiring pukulan gendang. Apalagi, irama lagu itu mendayu-dayu, sangat klop dengan suara Cak Sodiq yang merdu.

Lirik yang dilantunkan Cak Sodiq berisi tentang bahaya narkoba. Mengisahkan seorang pecandu narkoba yang menjadi narapidana. Lalu menyesali perbuatannya dan bertaubat. Usai pementasan OM (Orkes Melayu) New Monata itulah baru diketahui bahwa lagu tersebut merupakan ciptaan Kasat Resnarkoba Polres Jombang AKP Mochammad Mukid.

“Lagu tersebut sengaja saya ciptakan sebagai salah satu wujud kepedulian dan dalam rangka menyosialisasikan tentang bahaya narkoba, khususnya para generasi muda,” kata Mukid sembari menunjukkan cakram VCD yang berisi lagu ‘Bertaubat’ karyanya, Rabu (8/1/2020).

Mukid kemudian menyampaikan terima kasih kepada Cak Sodiq yang mau membawakan lagu ‘Bertaubat’. Ke depan dirinya berharap, vokalis New Monata itu tetap menyanyikan lagu tersebut ketika pentas. Karena selain memberikan hiburan, juga memberika nasihat kepada generasi muda tentang dampak penyalahgunaan narkoba.

“Tentunya, kampanye tentang bahaya narkoba ini lebih mudah diterima oleh generasi muda ketika dikemas dalam bentuk lagu. Saya doakan sukses selalu Cak Sodiq bersama personil New Monata. Saya ucapkan terima kasih,” kata Mukid yang juga mantan Kasat Resnarkoba Polres Ngawi ini.

Hal senada diungkapkan Cak Sodiq. Menurutnya, lagu ciptaan Kasat Reskoba Jombang itu sangat penting. Karena berisi tentang pesan moral tentang dampak narkoba. Lewat lagu tersebut, para generasi muda diberikan contoh tentang seseorang yang hidupnya sengsara karena narkoba.

“Kita harus menjauhi narkoba. Sebab, sangat berbahaya dan merusak masa depan. Apalagi apa yang kita punya, yang kita sayang, yang kita dapat, semuanya itu akan hilang kalau kita terkena narkoba. Seperti pesan yang tertuang dalam lagu yang diciptakan Bapak Mukid,” ujarnya. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar