Gaya Hidup

Abaikan Prokes, Puluhan Wisatawan Pantai Selatan Malang Kena Sanksi

Malang (beritajatim.com) – Libur panjang akhir Oktober 2020 lalu, tempat wisata pantai selatan Kabupaten Malang, banyak di padati wisatawan. Untuk mencegah kerumunan dan patuh protokol kesehatan, Tim Gabungan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Bantur, Satpol PP, dan Polres Malang menggelar Operasi Yustisi di sejumlah destinasi wisata pantai selatan.

Operasi Yustisi dilaksanakan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan pengunjung selama masa Long Weekend sejak Kamis (29/10/2020) hingga hari Minggu (1/11/2020).

Selama pelaksanaan Operasi Yustisi, puluhan pengunjung dikenakan sanksi akibat tidak menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya, tidak menggunakan masker.

“Di pantai Balekambang, Kecamatan Bantur sehari rata-rata sebanyak 10 orang yang terkena sanksi akibat tidak menerapkan protokol kesehatan,” ungkap salah satu pegawai Jasa Yasa Unit Balekambang, Sujono, Senin (2/11/2020).

Menurut Sujono, setiap pelanggar dikenakan sanksi sosial, yakni menyapu dan bersih-bersih di area pantai wisata.

“Kita sanksi. Bentuk sanksi salah satunya menyapu dan bersih-bersih sampah,” papar Sujono.

Personel yang turut dalam operasi gabungan tersebut sekitar 30 orang, yang terdiri dari jajaran Polres Malang, Muspika, dan Satpol PP Kabupaten Malang.

“Kapolres Malang juga datang langsung untuk meninjau pelaksanaan operasi yustisi ini. Kami berharap wisatawan pantai, tetap memperhatikan protokol kesehatan. Termasuk memakai masker selama berada di area pantai wisata,” pungkas Sujono. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar