Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup

Beberapa Manfaat Saat Melakukan Meditasi Untuk Pernapasan

benjamin, unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Meditasi merupakan hal yang dapat menenangkan seseorang jika terjadi suatu masalah, atau hal yang tidak mengenakkan. Meditasi ini juga jadi salah satu cara untuk meredam stres dan mengurangi kecemasan.

Terutama saat banyak bekerja dari rumah dengan penuh tekanan dan tenggat waktu pekerjaan. Anda bisa melakukan meditasi agar tubuh lebih tenang. Cara melakukan meditasi cukup mudah. Ini cukup dilakukan dengan duduk diam dan punggung lurus sambil mendengar musik yang menenangkan.

Namun, dalam cara yang lebih kekinian meditasi juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang banyak dilakukan dengan meditasi pernapasan. Ada beberapa manfaat yang bisa dipetik dari melakukan meditasi pernapasan, sebagaimana dilansir dari aplikasi kesehatan, riliv.

Pertama, dapat meningkatkan mood. Jika mengalami hari yang berat dengan banyak hal yang dialami. Mungkin Anda perlu menenangkan diri sejenak sebelum kembali beraktivitas lagi. Dengan melakukan meditasi, mood yang sebelumnya buruk bisa membaik.

Kedua, memperbaiki kualitas tidur. Ketika Anda tengah sibuk beraktivitas, seringkali mengalami tidur berkualitas terkadang membuat kamu merasa lelah terasa sulit. Padahal setelah seharian bekerja, Anda sangat berharap bisa tidur dengan tenang. Tidur yang nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang baik bisa ditangani dengan melakukan meditasi sebaik mungkin.

Ketiga, melancarkan pencernaan. Mungkin Ada sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Ini bisa diatasi dengan melakukan meditasi. Sebab, meditasi pernapasan terbukti membuat kondisi perut menjadi lebih tenang. Dengan meditasi perut juga bisa akan lebih nyaman.

Keempat, meningkatkan konsentrasi. Saat fokus sering hilang atau sulit untuk bisa konsentrasi. Ini juga bisa teratasi dengan bantuan meditasi. Dengan Meditasi pernapasan terbukti dapat meningkatkan daya ingat juga konsentrasi. Sehingga setelah melakukan meditasi pernapasan Anda akan kembali fokus pada konsentrasi.

Kelima, meningkatkan ketenangan batin. Bagi Anda yang sedang mengalami kekacauan batin akibat banyak tekanan. Meditasi bisa diupayakan demi memperoleh ketenangan batin kembali. Pernapasan yang dilakukan secara mendalam terbukti mengembalikan ketenangan batin.

Lakukan meditasi saat terjadi kekacauan baik secara batin maupun fisik. Demi mengembalikan performa diri pada jalur terbaik. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar