Gaya Hidup

7 Hal Sepele yang Membuat Tanaman Gagal Tumbuh

Pragyan, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Ada banyak faktor yang menyebabkan tanaman yang kita tanam tidak tumbuh subur. Setidaknya ada 7 faktor yang tidak terlalu disadari orang. Faktanya, 7 faktor ini adalah alasan tanaman dapat tumbuh atau tidak tumbuh di sekitar rumah.

Berikut beberapa alasan penyebab tanaman tidak tumbuh subur. Segera analisa penyebabnya sehingga ditemukan solusinya.

 

Tidak memerhatikan kesuburan tanah

Jangan berharap bisa menanam beragam tanaman di tanah kering. Pertama-tama, perhatikan kondisi tanah dan pastikan tidak ada bahan bangunan yang tertimbun di dalamnya. Kemudian memberikan berbagai nutrisi seperti pupuk dan cacing tanah untuk meningkatkan kualitas tanah gembur dan kesuburan.

Terlalu banyak menyiram

Tidak perlu menyirami tanaman sampai menggenang. Ini mengakibatkan tanah dan akar cepat membusuk. Jika tanah cukup berair dan lunak, jangan menambahkan terlalu banyak air. Pastikan daun dan batangnya lembab saat menyiram itu cukup untuk tanaman.

Kekurangan cahaya

Sebagian tanaman membutuhkan cahaya matahari selama 6 jam sehari untuk menunjang pertumbuhannya. Bila memang halaman rumah kita kurang di sinari cahaya matahari, tanamlah di dalam pot lalu jemur di bawah sinar matahari setiap pagi.

Wadah yang terlalu kecil

Cocokkan tanaman dengan pot dan jangan menanam tanaman besar dalam pot kecil. Tanaman juga membutuhkan lahan yang cukup luas untuk tumbuh dan berkembang.Jika Anda ingin menanam pohon buah-buahan, gunakan pot yang besar dan pastikan Anda memiliki tanah yang cukup.

Tentukan posisinya

Jangan melakukan pencampuran tanaman atau menanam tanaman terlalu berdekatan. Beberapa tanaman, seperti ivy Inggris, melati dan kuncup merah, cenderung invasif, sehingga mereka menyerang dan memakan tanaman kecil lainnya. Misalnya, Tanam pucuk merah hanya di area tertentu, seperti di dekat pagar, kemudian buat area terpisah untuk melati Bali.

Terlalu banyak menyebar bibit

Jika ingin menanam biji-bijian dan sayuran, biasanya benih ditanam terlebih dahulu di tanah. Perhatikan jumlah benih yang akan disebar, dan sesuaikan jumlah benih dengan luas tanah agar benih tidak mati karena kekurangan tanah. Oleh karena itu, jangan langsung menyirami bibit yang baru ditanam agar tidak hanyut atau tergenang oleh air.[ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar